Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pahami Aturan dan Tips Pasang Roof Box pada Mobil

Panduan Pembeli

Pahami Aturan dan Tips Pasang Roof Box pada Mobil

JAKARTA - Belum lama ini beredar kabar yang menyatakan bahwa penggunaan roof box di atap mobil bisa dikenai sanksi tilang. Sebab, pamasangan roof box menyalahi undang-undang yang berlaku.

Pemasangan roof box pada mobil sudah termasuk dalam kategori modifikasi dan membuat bobot kendaraan menjadi lebih berat dari aslinya. Sehingga menyebabkan perubahan tipe kendaraan bermotor. 

Dengan demikian, jika Anda memasang roof box berpotensi melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 50 Ayat 1. 

Adapun sanksi yang dikenakan kepada pemilik mobil berupa pidana kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu sebagaimana tertuang dalam pasal 285 ayat 2 UU LLAJ.

Tetapi di lain sisi, pemilik mobil masih bisa memasang roof box dan terhindar dari tilang. Asalkan pemasangan roof box sesuai aturan, seperti ukurannya tidak lebih besar dari atap mobil, tidak terlalu tinggi, dan lainnya.

Whale Roof Box (Foto: whalecarrier)

Berikut ini ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk memasang roof box seperti dikutip Mobil123.com dari berbagai sumber.

Pastikan Mobil Punya Roof Rail

Mobil yang pas untuk dipasang roof box adalah yang sudah dilengkapi dengan roof rail sebagai kelengkapan standar.

Roof rail merupakan dudukan berupa rel membujur untuk memasang roof box sehingga dapat meletakkan barang bawaan di atas. Biasanya, jenis mobil yang sudah dilengkapi aksesori roof rail adalah SUV dan MPV.

Ukuran Roof Box Mobil

Ukuran roof box yang hendak dipasang harus disesuaikan dengan dimensi dari atap kendaraan. 

Bisa dibilang, tidak semua roof box, terutama roof box universal dapat dipasang di berbagai jenis mobil. Semuanya tergantung dari ukuran atap mobil Anda.

Oleh karena itu, jika memang Anda membutuhkan roof box, perhatikan terlebih dahulu ukuran atap mobil. 

Pahami Beban Maksimal Mobil

Setiap mobil memiliki beban maksimal berbeda-beda. Kesalahan yang sering dilakukan pemilik mobil adalah tidak mau mencari tahu hal ini. 

Padahal kapasitas roof box yang cukup besar dapat memengaruhi kondisi struktur atap mobil. Sudah pasti roof box yang terlalu berat membuat atap mobil bisa penyok.

Selain itu, bobot yang terlalu besar juga dapat memengaruhi stabilitas mobil ketika menikung tajam. Bahkan mobil dapat mudah terbalik karena terpengaruhi beban roof box. 

Untuk mencari informasi beban maksimal yang dapat ditampung mobil, Anda bisa mengurangi gross weight dengan curb weight. Kemudian kurangi dengan total beban penumpang. 

Nah, hasil perhitungan itu dapat dimanfaatkan untuk memilih ukuran roof box.

Whale

Pilih Material Terbaik

Roof box yang Anda beli harus memiliki material terbaik. Alasan utama dari poin ini adalah roof box rentan rusak karena tepat di bagian mobil yang sering terkena sinar matahari dan air hujan. 

Jika material yang dipilih kurang bagus, maka roof box menjadi mudah pecah. Bahkan bisa merusak barang bawaan Anda juga mengingat fungsinya adalah penyimpanan barang alternatif.

Sangat disarankan untuk memilih roof box berbahan plastik ABS. Material ini terhitung cukup kuat dan tahan air. Bobotnya sendiri tidak terlalu berat, hanya 10-15 kilogram.
 
Selain itu, pilih roof box yang sudah diberi lapisan pelindung sinar ultraviolet. Roof box ini menjadi lebih awet walaupun terkena panas secara terus-menerus.

Perhatikan Bentuk Roof Box

Ketika ingin membeli roof box, perhatikan bentuknya. Bentuk roof box mampu memengaruhi aerodinamika mobil ketika melaju cukup kencang. 

Jika tak sesuai, mobil menjadi lebih mudah goyang atau tidak stabil. Tentu saja kondisi ini dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

Sebenarnya, semakin rendah roof box, maka semakin tinggi tingkat aerodinamikanya. Tapi kapasitas barang juga pasti lebih berkurang.

Semoga informasi yang diberikan bisa menambah pengetahuan Anda untuk tahu aturan pemasangan roof box serta memilih roof box terbaik yang sesuai anjuran. [Tih/DMS/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru & bekas berkualitas <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang