Pabrik Wuling di Indonesia Dilengkapi Teknologi Canggih

Berita Otomotif

Pabrik Wuling di Indonesia Dilengkapi Teknologi Canggih

JAKARTA – Wuling Motors mengoperasikan pabriknya dengan menggunakan teknologi robotik hingga 40 persen.

Manufaktur mobil asal China yakni Wuling Motors baru saja meresmikan pabrik pertamanya di Indonesia. Sebagai tempat merakit kendaraan, mereka tidak memperkerjakan manusia seluruhnya, namun Wuling juga menyertakan mesin yang membantu merakit mobil.

Adrianus Adjie, Manufacture Engineer Director PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) memaparkan, 30 hingga 40 persen produknya dirakit oleh robot. Teknologi tersebut berguna untuk mempercepat proses produksi dari kendaraan.

“Pabrik mempunyai empat fasilitas produksi yakni stamping, welding atau pengelasan, paint shop dan perakitan. Proses stamping sepenuhnya otomatis dan pemindahan barang juga dilakukan oleh robot yang kecepatannya 14 komponen per menit,” kata Adrianus.

Sementara pada proses pengelasan, Wuling Motors mengoperasikan robot Fanuc. Kemudian diteruskan dengan pengukuran tiga dimensi Coordinate Measuring Maching (CMM). Area lainnya yang menggunakan tenaga robot adalah proses pelapisan kaca dan pengisian cairan seperti rem, radiator dan refrigerant.

Pabrik Wuling Motors dirancang menggunakan Global Manufacturing System (GMS) yang merupakan standar dari General Motors (GM). Pabrik ini terletak di kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat dan berdiri di atas lahan seluas 60 hektar.

Wuling Motors saat ini baru memproduksi satu model yakni Confero S yang memiliki makna kebersamaan. Kendaraan ini ditujukan bagi keluarga Indonesia yang dianggap lebih menyukai mobil berkapasitas tujuh penumpang. Dan kehadirannya cukup menghebohkan karena memiliki penawaran harga yang lebih terjangkau dibandingkan para kompetitor di kelasnnya.

Untuk diketahui, saat ini Wuling dikabarkan sedang melakukan pengujian terhadap model kedua mereka. Di China, mobil ini dikenal sebagai Wuling Boajun 730 dan pernah tampil di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2016. Kabarnya akan hadir dengan penuh kejutan di GIIAS 2017. 

Pabrik Wuling Motors sendiri dikatakan mampu menghasilkan 120 ribu kendaraan setiap tahunnya. Dengan nilai investasi senilai Rp 9 triliun, pabrik ini terlihat megah sekaligus terdapat teknologi mutakhir di dalamnya. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support