Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan Tolak Bila Dipimpin oleh Orang Renault

Berita Otomotif

Nissan Tolak Bila Dipimpin oleh Orang Renault

TOKYO - Nissan akan menolak Jean-Dominique Senard, Chairman Renault saat ini bila Ia ditunjuk untuk menduduki posisi yang sama di perusahaan mereka.

Nissan dengan jelas tidak mau apa yang terjadi dengan Carlos Ghosn terulang yakni duduk sebagai chairman di dua perusahaan sekaligus. Mereka menegaskan bahwa pihaknya saat ini sedang berusaha untuk memperbaiki kondisi perusahaan agar bisa menjadi baik lagi.

Hiroto Saikawa, CEO Nissan sendiri pernah memberikan kritiknya tentang Ghosn. Ia mengatakan bahwa pria yang sedang ditahan oleh Pemerintah Jepang tersebut terlalu berkuasa dan membuat berbagai keputusan merugikan khususnya untuk Nissan.

“Diskusi terkait masalah ini akan terjadi setelah komite khusus menyampaikan rekomendasi mereka untuk meningkatkan tata kelola perusahaan dan setelah Senard secara resmi bergabung dengan Dewan Nissan,” tutur boss Nissan ini.

Info lainnya, Senard dan Saikawa telah bertemu langsung dan dikabarkan berjalan dengan baik, namun Nissan memang tidak ingin menjadikannya sebagai Chariman karena mereka khawatir akan ada konflik kepentingam. Nissan saat ini hanya memiliki 15 persen saham tanpa hak suara di Renault sementara produsen mobil asal Perancis tersebut memiliki 43 persen saham dan hak suara di Nissan.

Pemerintah Perancis juga saat ini memiliki saham di Renault sebesar 15 persen dan menjadi pemegang investor terbesar. Dan berita baiknya, Pemerintah Perancis dikabarkan akan membiarkan Nissan untuk menentukan Chairman mereka selanjutnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang