Nissan Terangi Kota Korban Tsunami dengan Baterai Mobil Listrik Bekas

Berita Otomotif

Nissan Terangi Kota Korban Tsunami dengan Baterai Mobil Listrik Bekas

NAMIE – Baterai mobil listrik bekas ternyata masih mampu dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Tidak ada yang bisa melawan usia, termasuk mobil listrik. Satu saat nanti, mobil listrik akan menjadi mobil listrik tua. Dan mobil listrik tua pun memiliki baterai tua pula, yang sebenarnya sayang untuk dibuang begitu saja.

Karena meski mobilnya sudah tidak dapat digunakan, namun baterainya masih dapat dimanfaatkan. Sumber tenaga dari mobil listrik yang kemungkinan masih hidup tersebut kabarnya masih bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

Seperti contohnya, generasi pertama dari Nissan Leaf dikenalkan pada tahun 2010, yang artinya baterai dari mobil-mobil tersebut mungkin sudah banyak diganti. Bersama dengan 4R Energy Corporation di Jepang, Nissan pun mencoba untuk kembali memanfaatkan baterai bekas yang ada.

Nissan dan 4R Energy Corporation pun berinisiatif menggabungkan baterai bekas dengan panel Surya untuik menerangi kembali kota Namie. Kota tersebut mengalami kerusakan yang sangat berat akibat tsunami dan menyebabkan terjadinya bencana nuklir Fukushima Daiichi di tahun 2011.

Nantinya, mereka akan bertanggung jawab untuk melakukan penerangan di beberapa ruas jalan. Menariknya, dengan memanfaatkan teknologi panel surya maka lampu tidak memerlukan sambungan listrik utama kota.

Ketika nantinya semakin banyak kendaraan listrik di jalan, Nissan sadar bahwa di masa depan semakin banyak baterai yang dapat di daur ulang. Dan bila baterai-baterai tersebut bisa membuat kota keluar dari kegelapan, maka ini tentu layak untuk dikembangkan lebih lanjut.

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual