Ngeri, Mobil Bertenaga Besar ini Direcall karena Masalah Serius pada Rem

Panduan Pembeli

Ngeri, Mobil Bertenaga Besar ini Direcall karena Masalah Serius pada Rem

DEARBORN - Setidaknya 38 ribu unit Ford Mustang direcall karena masalah braket pedal rem yang gampang patah jika melakukan pengereman keras atau mendadak. Material yang tidak kuat menjadi sumber kerusakan.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), merupakan badan keselamatan lalu lintas jalan raya di Amerika Serikat yang mengungkap kerusakan ini. Dalam pengujian disimpulkan bahwa braket pedal rem dapat patah dan tidak berfungsi dengan baik sehingga meningkat risiko kecelakaan.

Bisa dibayangkan, mobil sekelas Mustang tentu banyak dibeli oleh penggila kecepatan. Dilengkapi mesin V8 berkapasitas besar hingga 5.0-liter dan tenaga sekitar 500 hp, mobil legenda Amerika Serikat ini memang diciptakan untuk bermain-main dengan adrenaline lewat kecepatan-kecepatan tinggi. 

Lalu apa yang terjadi jika suatu ketika rem gagal fungsi bahkan patah saat melakukan pengereman saat mobil sedang dipacu dengan kecepatan tinggi?, fatal pastinya. Beruntung pihak NHTSA menemukan masalahnya dan meminta Ford untuk segera mengatasi masalah lewat recall. 

Ngeri, Muscle Car ini Direcall karena Masalah Besar Pada Rem
Pihak Ford mengatakan sudah pernah menerima laporan pedal rem patah pada 4 Agustus 2019. Dan kemudian pada September 2019 Ford juga mendapatkan 4 laporan dari pasar Eropa atas masalah yang sama. Sampai recall ini dilakukan, untungnya belum ada laporan kecelakaan atau cedera patahnya bracket pedal rem.

Setelah melakukan analisa, Ford mengatakan bahwa sumber masalah dari kerusakan bracket pedal rem ini adalah material atau bahan baku yang digunakan. Dan Ford menyebutkan bahwa saat perbaikan, braket pedal rem akan diganti baru. Materialnya sendiri telah berubah dari nilon menjadi polipropilene yang diyakini jauh lebih kuat.

Ford Mustang terdampak recall sendiri diumumkan adalah yang dilengkapi transmisi otomatis dan dirakit antara 4 Maret 2019 hingga 13 Agustus 2020. Total yang harus diperbaiki mencapai 38.005 unit.

Dalam recall ini Ford telah memberikan panduan pada dealer dan akan mulai mengirimkan surat pada pemilik mulai November 2020. Para pemilik akan diarahkan ke dealer-dealer langganan terdekat untuk melakukan penggantian bracket pedal rem baru secara gratis. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar