Membedah 2 Muscle Car Ford Mustang Eleanor dan John Wick

Berita Otomotif

Membedah 2 Muscle Car Ford Mustang Eleanor dan John Wick

JAKARTA - Dua Muscle car klasik Ford Mustang ini jadi bintang film box office dan sangat populer saat ini, Anda pilih Eleanor yang ada di film Gone in 60 Second atau milik John Wick?

Ford Mustang boleh dibilang menjadi American Muscle Car paling populer sepanjang sejarah. Beragam keunggulan menyertainya mulai dari sisi desain hingga kekuatan dari tenaga mesinnya.

Di masanya, muscle car Mustang menjadi idaman kaum muda Amerika terutama yang gemar adu balap seperti contohnya dragrace atau Trans-Am. Dan kini perlahan tapi pasti kehadirannya menjadi bagian dari budaya pop apalagi muscle car klasik ini kerap jadi bagian dari film-film box office hingga saat ini.

Dua  Mustang yang masih nyantol di otak para car enthusiast. Tentu saja mereka adalah Eleanor sang bintang film Gone in 60 Second dan Mustang Boss 429 milik pembunuh bayaran belajar insaf, John Wick yang perankan dengan sempurna oleh Keanu Reeves.

Masing-masing muscle car tentu punya keunggulan dan ceritanya sendiri-sendiri. Mari kita bedah kedua muscle car ini.

Eleanor 

eleanor gone in 60 second
Sesuai dengan yang disebut dalam film Gone in 60 Second, Eleanor adalah Ford Mustang Shelby GT500. Namun ternyata hal tersebut tidak tepat alias salah.

Eleanor dalam film tersebut sejatinya sebuah Ford Mustang Sportsroof keluaran 1971 yang telah mendapat sentuhan modifikasi. Jika diperdalam, mobil ini tak lain adalah bintang dari versi Gone in 60 Second versi 1974. Versi dibintangi Nicolas Cage adalah versi remake atau dibuat ulang namun tentu dengan alur cerita yang agak berbeda.

Mustang Sportsroof 1971 yang pada film 1974 memiliki warna kuning ini dimodifikasi bagian grillenya dengan menggunakan versi 1973. Muscle car ini kemudian dilabur dengan cat pepper grey Dupont, membuat tampilannya menjadi sangat keren dan lebih dramatis, layaknya mobil-mobil jagoan di film Hollywood.

Yang luar biasa adalah Eleanor sang bintang film Gone in 60 Second lansiran tahun 2000 ini laku dilelang dengan harga hampir $ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar. Sementara versi replika yang banyak beredar rata-rata dibanderol $ 100 ribu atau sekitar Rp 1.4 miliar.

Mustang Boss 429 John Wick

mustang john wick
Sama seperti Eleanor, ternyata Boss 429 yang menjadi tunggangan kesayangan John Wick sebenernya adalah Mustang Mach 1 buatan tahun 1969. Lalu apa bedanya? ternyata hanya tipis-tipis saja.

Pada dasarnya, Mach 1 disebut lebih memiliki tampilan seperti sebuah GT atau Grand Touring. GT sendiri disebut menandakan sebuah mobil dengan performa dan kemewahan yang sama tingginya. Sementara BOSS 429 disebut lebih memiliki aura balap yang kental.

Sungguh perbedaan yang nyaris tak ada, setipis kulit bawang saja. Apalagi keduanya dilengkapi dengan mesin yang sama, V8 7.0-liter Cobra jet bertenaga 335 hp.

Karena cukup populer kabarnya ada modifikator profesional yang membuat replika muscle car milik John Wick ini. Bahkan melengkapinya dengan mesin sangat powerfull yakni V8 Coyote bertenaga 1.000 hp.

Akhirnya, meski sama-sama tidak asli, kedua Mustang ini tetap saja menjadi muscle fenomenal. Menjadi mobil impian banyak car enthusiast pasca aksi menawannya di film-film box office.

Dari keduanya, muscle car mana yang menjadi pilihan Anda?. [Ari/Idr]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar