Jualan Honda Naik 93 Persen di Awal New Normal

Berita Otomotif

Jualan Honda Naik 93 Persen di Awal New Normal

JAKARTA – ‘New normal’, atau hidup normal dengan norma-norma baru di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), membawa dampak positif bagi Honda. Penjualan mereka pada Juni 2020 menjulang tinggi dibanding bulan sebelumnya, walaupun secara volume tetap masih amat kecil.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia mulai memberlakukan new normal secara bertahap sejak awal Juni 2020. Berbagai kelonggaran diberlakukan sejak pandemi Corona masuk Indonesia pada permulaan Maret kemarin yang diikuti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak daerah mulai Aprilnya.

New normal memicu kenaikan penjualan mobil baru pada Juni. Pasar otomotif Indonesia, seperti dijelaskan Honda melalui keterangan resmi baru-baru ini, akhirnya menunjukkan tren positif untuk pertama kalinya dalam 3 bulan terakhir.

Sepanjang Juni kemarin, Honda menorehkan penjualan 2.488 unit atau meroket 93 persen ketimbang Mei yang memang amat hancur gara-gara efek wabah Covid-19 dan menjadi titik terendah sepanjang semester satu tahun ini. Tidak dijelaskan, apakah ini penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) atau retail (dari dealer ke konsumen).

“Pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini,” kata Yusak Billy, Marketing, Sales, and Business Innovation Director PT. Honda Prospect Motor (HPM).

Yusak menambahkan bahwa kondisi pasar otomotif nasional saat ini masih belum sepenuhnya stabil. Namun, pencapaian volume serta peningkatan penjualan pada Juni dia nilai sebagai awal baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia.

Pandemi telah membuat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak awal April merevisi target penjualan mobil baru 2020 dari 1,050 juta unit menjadi 600 ribu unit saja. Padahal, pada 2019, realisasi penjualan wholesales mencapai 1,030 juta unit.

Brio Terbanyak
Brio masih muncul sebagai model dengan kontribusi penjualan terbanyak bagi Honda di Indonesia. City car ini, baik varian yang berada di segmen low cost green car (LCGC) maupun non-LCGC, secara total menyumbang 1.314 unit atau 52 persen dari keseluruhan penjualan Honda pada Juni.

Selanjutnya ialah HR-V yang terjual 343 unit. Di belakangnya secara berturut-turut ada Jazz (293 unit), CR-V (192), Mobilio (164), BR-V (66), Civic Hatchback (52), Civic sedan (26), Accord (20), City (14) dan Oddyssey (4). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar