Nasib 4 Penantang Toyota Avanza Hari Ini

Berita Otomotif

Nasib 4 Penantang Toyota Avanza Hari Ini

JAKARTA – Dari 4 penantang Toyota Avanza berikut ini, 2 aman, 1 mulai kewalahan dan 1 lainnya menyerah serta 2 calon baru yang akan mulai menyerang saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 berlangsung Agustus mendatang.

Toyota Avanza adalah raja di kelas small MPV. Tak dipungkiri ini merupakan buah strategi jitu Toyota dalam menyikapi situasi pasar otomotif saat itu atau pada 2004. 

Avanza melewati proses panjang untuk hadir di Indonesia sebagai kendaraan fungsionalitas tinggi. Langkah Toyota Indonesia menghadirkan Avanza sangat tepat di tengah masyarakat Indonesia membutuhkan mobil keluarga dengan harga terjangkau.

Kala itu PT Toyota Astra Motor (TAM) ingin membawa mobil rakyat masa lalu Toyota Kijang ke posisi yang lebih tinggi. Dan kemudian Toyota Avanza dipersiapkan untuk menjadi penggantinya, langkah jitu ini terbukti berhasil, pasar baru terbentuk serta sangat diminati konsumen Tanah Air.

Dalam perjalanannya "Sang Raja Small MPV" banyak menerima pesaing. Namun Toyota Avanza tetap tak tergoyahkan dan terus bertengger di posisi pertama. Terbukti total penjualannya selama 13 tahun telah terjual 1.455.490 unit.

Nissan Livina


PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang pertama merespon kehadiran Toyota Avanza dan kemudian menantangnya dengan Nissan Livina. Publik pun merespon cukup positif pada awal kemunculannya karena memiliki desain baru, Small MPV pertama yang memiliki rasa sedan. 

Namun penjualan Livina tidak sefenomenal Avanza. Sepanjang 10 tahun kehadirannya, total hanya 216.009 unit yang terjual. Dan saat ini penjualan Livina juga kurang menggembirakan karena rata-rata hanya 558 unit saja yang terjual setiap bulannya.

Suzuki Ertiga


Pada tahun kesembilan kehadiran Avanza, pada 2012 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melansir Suzuki Ertiga. Dengan platform monocoque small MPV andalan Suzuki ini memberikan pilihan baru bagi konsumen di Indonesia. 

Penjualan MPV Ertiga tembus 34.074 unit (data wholesale GAIKINDO-dari pabrik ke dealer) di tahun pertamanya. Puncaknya, di tahun keduanya dengan menorehkan penjualan 63.318 unit. Namun tetap tidak bisa menyaingi Avanza yang saat itu tembus 213.458 unit per tahun.

Akhirnya Suzuki Ertiga juga tidak bisa benar-benar menjadi pesaing Toyota Avanza. Setelah 7 tahun kehadirannya total hanya 225.487 unit Suzuki Ertiga yang terjual. Dan pada tahun 2017 rata-rata perbulannya hanya sepertiga dari Toyota Avanza yakni sekitar 3.000 unit.

Seperti kita ketahui bersama, Suzuki Ertiga sempat memiliki kembaran yakni Mazda XV-1. Kerjasama unik dengan Mazda ini dilakukan pada tahun 2014, unik karena Mazda mau menurunkan gengsi produknya demi bermain di kelas small MPV.

Mobil yang notabenenya cuma rebadge Suzuki Ertiga ini nasibnya tidak menentu. Tercatat hanya mencetak penjualan kurang dari 1.000 unit per tahun. Penjualannya kian merosot pada tahun lalu yaitu hanya terjual 27 unit. Dan kemudian PT Eurokars Motor Indonesia sebagai APM baru Mazda memutuskan untuk menghentikan penjualannya.

Chevrolet Spin
Dengan investasi US$ 150 juta, General Motor (GM) Indonesia mencoba peruntungannya di kelas small MPV. Pabrikan asal Amerika Serikat ini mengandalkan pabrik mereka di Pondok Ungu Bekasi untuk memproduksi Chevrolet Spin

Dengan optimisme tingkat tinggi, GM Indonesia melakukan promosi dan produksi besar-besaran. Namun apa daya, bak kehabisan nafas, Chevrolet Spin gagal meyakinkan konsumen untuk menjadi mobil keluarga mereka.

Karena menanggung kerugian yang cukup banyak, GM Indonesia terpaksa harus menghentikan produksi Chevrolet Spin bahkan harus menutup pabriknya pada tahun 2015. Chevrolet Spin menurut data Gaikindo hanya sebanyak 10.941 (pada 2013), 7.475 unit (2014), 3.552 unit (2015), 1 unit (2016).

Honda Mobilio


Akhirnya, the greatest contender atau penantang terbesar dari Toyota Avanza muncul pada tahun 2014 yakni Honda Mobilio. PT Honda Prospect Motor (HPM) memiliki segudang peluru pada model small MPV-nya itu untuk menjadi lawan yang seimbang bagi Toyota Avanza.

Honda sangat cerdas dalam membuat konsumennya penasaran, karena Honda Mobilio dipamerkan di IIMS 2013 pada September. Di awal 2014, harga Honda Mobilio diluncurkan dan membuat publik cukup kaget dengan harganya yang cukup kompetitif. Belum lagi Small MPV Honda ini juga dilengkapi fitur dual SRS Airbag, seatbelt-pretensioner, load limiter serta body dan rangka yang sudah menggunakan teknologi G-CON+ACE.

Alhasil, di tahun pertamanya, Mobilio mencatat angka sebesar 79.288 unit. Namun, di tahun kedua sebesar 42.932 unit (2015), dan di tahun ketiga 39.482 unit (2016).
Dalam dua tahun terakhir, MPV Mobilio meredup dan tak mampu menyaingi penjualan Avanza.

Dua Calon Penantang Avanza
Seperti kita ketahui sebentar lagi akan hadir duet penantang baru Toyota Avanza yakni Wuling Confero S dan Mitsubishi XM Concept atau yang digandang bernama Mitsubihsi Expander. Masing-masing memiliki modal yang berbeda untuk menantang Toyota Avanza.


Wuling Confero S mencoba goda konsumen Indonesia dengan small MPV yang dilengkapi fitur lumayan lengkap namun memiliki harga yang sangat mudarah di kelasnya. Tak hanya itu kehadiran pabrikan China ini tak main-main karena besarnya investasi yang ditanamkan di Indonesia dengan membuat pabrik dan jaringan dealer.

Tetapi, potensi Indonesia masih besar untuk mobil Jepang dan belum untuk merek China. Para konsumen trauma dengan produk otomotif asal Negeri Tirai Bambu karena kualitasnya yang tidak bisa diandalkan. Wuling harus berusaha keras meningkatkan brand image-nya dengan beragam cara dan mudah-mudah dapat berhasil sebelum kehabisan nafas seperti GM Indonesia yang mencoba mendongkrak Chevrolet Spin ke permukaan.


Sementara Mitsubishi Expander mencoba menawarkan sesuatu yang baru di kelas small MPV. Karena menurut berita yang kami ulas sebelumnya, mobil ini memiliki dimensi lebih besar dibanding kan para kompetitor di kelasnya.

Hal ini tentunya membawa nilai positif pada kualitas mobil yang coba menyuguhkan mesin dan kenyamanan terbaik di segmennya. Publik kini menanti berapa kira-kira harga jual dari Mitsubishi Expander dan kemudian mengujicobanya. 

Jika Mitsubishi berhasil memberikan harga terbaik, bukan tidak mungkin Expander akan menjadi the next greatest contender atau penantang kuat terbaru bagi Toyota Avanza. [Ari]

 

Tahun Produksi

Total Penjualan

Rata-rata Penjualan per Bulan (2017)

Toyota Avanza

2004 -2017

1.455.490

10.436

Honda Mobilio

2014 - 2017

184.787

3.847

Suzuki Ertiga

2012 - 2017

225.487

3.000

Nissan Livina

2007 - 2017

216.009

558

Nissan Evalia

2012 – 2017

 

 

Chevrolet Spin

2013 - 2016

21.969

?

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support