Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mulai Hari Ini, Kendaraan Bermotor Dilarang Melintas di Jalan Malioboro

Berita Otomotif

Mulai Hari Ini, Kendaraan Bermotor Dilarang Melintas di Jalan Malioboro

YOGYAKARTA – Kendaraan bermotor akan dilarang melintas di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Uji coba ini akan dilakukan sekitar dua minggu, mulai Selasa (03/11) mendatang hingga Minggu (15/11). Pada Selasa (03/11), rekayasa lalu-lintas di Jalan Malioboro akan diterapkan mulai pukul 11.00 hingga 22.00. Sedangkan pada Rabu (04/11) sampai dengan Minggu (15/11) uji coba akan dilakukan dari pukul 06.00 hingga 22.00.

Waktu loading barang untuk aktivitas ekonomi yang ada di kawasan Malioboro dapat dilakukan setelah jam 10 malam sampai dengan sebelum jam 6 pagi. Saat uji coba diterapkan, pemberlakukan rekayasa lalu lintas yang dilakukan dengan skema giratori atau berlawanan arah jarum jam.


“Akan berlaku satu arah, khusus di sekitar Kawasan Malioboro, yakni Jalan Mayor Suryotomo, Jalan Mataram, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Pembela Tanah Air, dan Jalan Letjen Suprapto. Untuk Jalan Malioboro, kami hanya memperkenankan kendaraan tidak bermotor yang boleh melintas, kecuali bus Trans Jogja, kendaraan kepolisian, kendaraan layanan kesehatan, pemadam kebakaran dan kendaraan patroli,” ungkap Ni Made Dwi Panti Indrayanti, Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY.

Rekayasa lalu Lintas Jalan Malioboro
Uji coba ini dilakukan karena saat ini kawasan Malioboro menjadi bagian dari tata kota yang sedang diajukan sebagai World Heritage ke UNESCO. Penataan transportasi menjadi salah satu poin penting agar Malioboro bisa mendukung fungsi-fungsi yang diharapkan dalam rangka capaian World Heritage tersebut. Sejumlah rekayasa lalu lintas akan diberlakukan untuk memastikan mobilitas masyarakat tidak terganggu.


Sementara itu, untuk pejalan kaki juga bakal ada pengaturan khusus. Pejalan kaki yang mengarah ke selatan diminta untuk menggunakan pedestrian di sisi timur, sedangkan pejalan kaki yang menuju utara menggunakan pedestrian di sisi barat. Sedangkan jalan-jalan kecil yang tersambung langsung ke jalan Malioboro nantinya akan diberlakukan dua arah sehingga masih dapat dimanfaatkan masyarakat.

Rekayasa lalu Lintas Jalan Malioboro
“Masyarakat nantinya diharapkan dapat merasakan bagaimana kenyamanan yang ada di sana khususnya yang melintas di Jalan Malioboro karena memang sudah tidak terganggu lagi dengan kebisingan. Sehingga, bisa berjalan dengan tenang menikmati aktivitas perekonomian yang ada di sana,” pungkas Made. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang