Flyover Jalan Jakarta-Supratman Mulai Diuji Coba, Awas Lalu Lintas Padat

Berita Otomotif

Flyover Jalan Jakarta-Supratman Mulai Diuji Coba, Awas Lalu Lintas Padat

BANDUNG - Uji coba rekayasa arus lalu lintas di Flyover Jalan Jakarta-Supratman akan diberlakukan pada Senin dan Selasa mendatang.

Keputusan ini merupakan hasil dari rapat antara pihak Kepolisian dan Pemerintah Kota Bandung. Dalam uji coba, pihak Kepolisian akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

“Dari hasil rapat, antara fungsi lalu lintas di Kota Bandung rekayasa jalur di Flyover Jalan Jakarta-Supratman kita akan laksanakan ujicoba hari Senin dan Selasa,” kata Wakasatlantas Polrestabes Bandung AKP Galih Raditya

AKP Galih Raditya mengungkapkan pada Senin mendatang ujicoba dilakukan dengan cara satu jalur dan Selasa mendatang dengan cara dua jalur. Nantinya, waktu uji coba akan dilakukan pada pagi dan sore hari.

Ujicoa lalu lintas
“Setelah rapat dua kali, muncul dua opsi apakah nanti flyover dilakukan dua arah atau satu arah. Kita ujicoba dulu, baru nanti akan kita pilih mana yang terbaik untuk warga Kota Bandung. Rencana di Hari Senin pagi Pukul 06.00-09.00 WIB dilakukan satu arah dahulu dan sore dari Pukul 15.00-19.00 WIB dilaksanakan satu arah lagi. Untuk di Hari Selasa, di jam yang sama dua arah dari pukul 06.00-09.00 WIB paginya dan pukul 15.00-19.00 WIB,” tambahnya.

Ujicoba ini dilakukan untuk menentukan cara operasional jalan layang ini apakah satu jalur atau dua jalur. Juga perhitungan jumlah volume kendaraan, beban arus lalu lintas dan evaluasi lainnya yang diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan di jalan tersebut. Inilah yang membuat ujicoba harus dilakukan di jam-jam sibuk.

“Setelah ujicoba, kita akan melakukan rapat lagi untuk memutuskan kepada forum lalu lintas, apakah dua jalur atau satu jalur,” tandasnya.

Lalu lintas di kota Bandung memang terbilang mulai padat sehingga diperlukan beberapa langkah untuk mengurainya. Salah satunya adalah dengan membangun beberapa flyover sehingga tidak menimbulkan simpul-simpul yang bisa membuat kepadatan lalu lintas lebih padat. Tak hanya itu, pihak Kepolisian juga harus tetap siaga untuk mengatur lalu lintas agar pengguna jalan lebih tertib dalam berlalu lintas. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar