Hamparan Jelita Obyek-Obyek Wisata di Geopark Ciletuh

Berita Otomotif

Hamparan Jelita Obyek-Obyek Wisata di Geopark Ciletuh

JAKARTA – Geopark Ciletuh menawarkan pilihan objek wisata yang menawan dan bisa memberikan ketenangan bagi jiwa.

Ciletuh sendiri terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan wisata ini memiliki luas area 126.100 hektare. Berbagai objek wisata seperi air terjun, pantai, perbukitan, kampung budaya hingga situs bebatuan yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Kawasan wisata yang telah diakui oleh UNESCO sebagai situs global ini, menawarkan beragam ilmu geologi yang luar biasa. Perjalanan menuju Ciletuh sendiri dari Jakarta menyajikan pemandangan alam nan indah nan menyejukkan.

Artikel bersambung dibawah

Nah, pemandangan indah ini tentunya akan semakin mengasyikan jika kita menjelajahinya dengan menggunakan SUV tangguh dan nyaman seperti Honda BR-V.

Bukit Panenjoan

Destinasi pertama yang bisa dikunjungi di Ciletuh adalah Bukit Panenjoan. Di sini para pengunjung bisa melihat ampiteater raksasa berbentuk seperti huruf U. Jika menyambangi Bukit Panenjoan pada musim penghujan, maka pengunjung bisa melihat hamparan sawah membentang nan hijau.

Pemandangan alam yang disajikan dapat menjadi pelipur lara. Terlebih bagi orang-orang di kota besar yang akrab dengan kemacetan dan hiruk-pikuk Ibukota. Rasa lelah sepanjang jalan menuju Ciletuh, terbayar lunas seketika mencapai Bukit Panenjoan.

Di tempat ini pengunjung juga bisa berswafoto atau selfie di spot-spot foto yang telah disediakan pengelola. Adapula spot foto yang disediakan cukup instagramable dan cocok untuk generasi milenial.

Puncak Darma

Puncak Darma kurang lebih mirip dengan Bukit Panenjoan. Karena letaknya di perbukitan, pemandangan yang dapat dilihat berupa hamparan sawah dan pantai hingga laut yang membentang panjang. Menariknya di sini pengelola menyediakan beberapa fasilitas menarik untuk swafoto. Untuk masuk ke kawasan Puncak Darma, pengunjung dipungut biaya Rp 3.000 dan beberapa spot foto menarik juga dipungut biayang yang tidak terlalu mahal.

Selain berswafoto, pengunjung juga bisa menikmati kudapan dan minuman ringan di warung-warung yang tersedia di sekitar area Puncak Darma. Di sana juga terdapat monumen mini yang menjadi pembeda.

Pantai Palangpang

Setelah melihat keindahan alam dari atas bukit, Geopark Ciletuh juga memiliki keindahan pantai. Memang jika dibandingkan dengan pantai-pantia di tempat wisata lain di Tanah Air, Palangpang masih ketinggalan soal keindahan.

Namun Pantai Palangpang merupakan pantai alami yang bukan hasil rekayasa manusia. Karena dikelilingi bukit dan batu karang, ombak yang menyapu bibir pantai tidak terlalu besar. Pantai ini cocok untuk wisatawan yang benar-benar ingin menikmati alam.

Terlebih jarak antara Puncak Darma dan Pantai Palangpang tidak terlalu jauh, sekitar 30 menit. Dan yang paling menyenangkan adalah tidak adanya kemacetan yang acapkali dilalui oleh warga Ibukota. Di sini juga tersedia banyak warung makan yang bisa menyuguhkan ikan bakar nan segar dari hasil tangkapan nelayan sekitar.

Pulau Mandra dan Geopark Ciletuh

Destinasi wisata di Ciletuh sebenarnya bukan hanya pantai dan menikmati pemandangan dari atas bukit saja. Namun pengunjung harus melihat lebih dalam apa yang dinamakan Geopark Ciletuh. Karena Ciletuh memiliki sejarah panjang yang beberapa lokasinya tercipta dari peristiwa alam.

Dengan menggunakan kapal laut milik nelayan sekitar, para wisatawan bisa mengenal bebatuan bersejarah nan unik. Dengan berlayar pengunjung bisa melihat keindahan alam sekaligus menambah pengetahuan mengenai geologi. Untuk berlayar, siapkan uang sebesar Rp 1.2 juta dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam.

Sukabumi
Setelah ke Geopark Ciletuh, kurang sempurna rasanya jika kita tidak menyambangi kuliner khas Kota Sukabumi. Setidaknya ada beberapa kuliner khas yang bisa dinikmati di sana meliputi Bubur Ayam Sukabumi, Moci dan Toge Tauco. ###



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support