Mobil123: Dunia Digital Tumbuh Pesat di Industri Otomotif

Berita Otomotif

Mobil123: Dunia Digital Tumbuh Pesat di Industri Otomotif

JAKARTA –  Country Manager Mobil123.com Regia Glamouria menjelaskan bahwa dunia digital berkembang sangat pesat dan berefek pada semua sektor industri. Industri otomotif tak terkecualikan.

Perkembangan dunia digital serta teknologi informasi juga ‘menyentuh’ industri otomotif. Keduanya pun kini makin  tak terpisahkan dan saling melengkapi.

Regia mengungkapkan bahwa berdasarkan Google and TNS Research 2017, sebanyak 73 persen pembeli mobil di Indonesia mencari informasi mengenai model-model kendaraan yang mereka ingin beli terlebih dahulu melalui internet. Sebanyak 52 persen konsumen mobil juga mencari dan menemukan dealer melalui internet.

“Sebanyak 72 persen pembeli mobil di dealer mencari informasi di internet. Sebanyak 49 persen pembeli pun menyatakan oke untuk melakukannya lewat internet jika ada opsi untuk itu,” ujar Regia saat menjadi pembicara dalam Seminar dan Lomba Teknik Industri (SLTI) Universitas Tarumanagara pada Rabu (18/4/2018) di Jakarta.

Penetrasi internet di Indonesia di sisi lain juga sangat pesat, seiring dengan cepatnya perkembangan pengguna ponsel pintar atau smartphone. Regia menjelaskan pengguna internet di Tanah Air saat ini berjumlah 143 juta orang.

“Ini sekitar separuh dari populasi penduduk Indonesia yang 260 juta jiwa,” jelas Regia.

Menurutnya, pengguna internet terbanyak di Indonesia ada di rentang usia 19-33 tahun yang berkontribusi 49 persen di antaranya. Konsumsi internet terbanyak kedua dilakukan oleh mereka yang berusia 34-54 tahun dengan komposisi 30 persen. Sisanya adalah penduduk berusia 13-18 tahun (17 persen) serta di atas 54 tahun (4 persen).

Di tengah kondisi itu, Mobil123.com sebagai situs jual-beli mobil baru dan bekas muncul dan terus berinovasi untuk  semakin menyatukan pembeli dan penjual kendaraan dalam satu platform digital. Inovasi termutakhir yang segera hadir di situs ini adalah video listing agar calon pembeli dapat lebih cermat melihat dan mengamati mobil yang diminati.

“Video listing akan mengingkat kemungkinan mobil terjual sebanyak 43 persen,” tukasnya.

Terobosan selanjutnya ialah penggunaan teknologi kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) untuk pembelian mobil baru. AI Chatbot yang bakal hadir di Mobil123.com kelak bisa membantu konsumen menemukan mobil sesuai dengan kondisi dan situasi masing-masing.

“Kami juga sedang mengembangkan iCar Big Data. Ini akan sangat dibutuhkan partner bisnis dan pabrikan kendaraan untuk bisa mendapatkan data terkait konsumen di Mobil123.com,” tandas Regia lagi.

Mobil123.com hadir pertama kali di Indonesia pada 2012. Kini posisinya menjadi pemimpin di bisnis situs jual-beli kendaraan di Indonesia dan memiliki total 51,2 juta pengunjung sepanjang 2017 dengan 20,5 juta users. Ada 171 juta halaman yang dilihat tahun lalu. Mobil123.com juga memperlihatkan lebih dari 199 ribu mobil yang dijual. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support