Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Otonom Penuh Kia akan Muncul 15 Tahun Lagi

Berita Otomotif

Mobil Otonom Penuh Kia akan Muncul 15 Tahun Lagi

SEOUL - Mobil otonom atau mobil bisa bergerak adalah teknologi mobilitas tinggi masyarakat dunia di masa depan. Banyak produsen otomotif memprediksi mobil otonom akan sangat memudahkan pengguna.

Bagaimana tidak, cukup tentukan arah tujuan, mobil akan bisa menentukan arah jalannya sendiri, layaknya sebuah pesawat dapat terbang mengudara dengan mode autopilot.

Untuk menanggapi semakin majunya teknologi mobil, Kia pun mengenalkan teknologi 'Drive Wise' untuk mobil otonomnya sebagai sub-brand. Teknologi ini bagian dari rencana perusahaan untuk merilis mobil otonom sepoenuhnya (fully-autonomous) pada tahun 2030, sedangkan mobil otonom sebagian (partially-autonomous driving) pada 2020. Teknologi ini memulai debutnya pada Consumer Electronics Show (CES) 2016 (6-9 Januari).

Teknologi masa depan yang digunakan Kia di masa depan ini sangat menarik. Drive Wise dirancang untuk meningkatkan keselamatan, membantu menghilangkan potensi bahaya, kebosanan, mengambil alih kemudi saat pemilik berinteraksi dengan kendaraan mereka.

Di samping itu Drive Wise menyimpan fitur-fitur seperti Highway Autonomous Driving (HAD), Urband Autonomous Driving (UAD), Preceeding Vehicle Following (PVF) dan autonomous valet parking, dan belum termasuk lane-keep assist, smart cruise control, automatic city braking. Menarik, bukan?

Serangkaian uji coba mengemudi otonom pernah dilakukan oleh Kia di Nevada, AS menggunakan Kia Soul. Hasilnya cukup menggembirakan.

"Kia sedang menjalani proses yang sangat menjanjikan dan bertahap dengan mengenalkan teknologi mobil otonom sepenuhnya untuk kendaraan meski mobil otonom pertama Kia tidak tidak akan tersedia dalam waktu dekat," kata Tae-Won Lim, Senior Vice President, Central Advanced Research and Engineering Institute of Hyundai Motor Group.

"Tim R&D kami sedang melakukan pengembangan teknologi Drive Wise sebagai bantuan untuk pengemudi (driver assistance) guna meningkatkan keselamatan di jalan. Inovasi terbaru kami yang dipresentasikan pada acara (CES) tahun ini menunjukkan arah masa depan kami," tutup Tae-Won Lim menyakini jika Kia adalah salah satu perusahaan otomotif asal Korea yang serius mengembangkan mobil otonom. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang