Mobil-Mobil Jaguar Land Rover Kelak Bisa Bunuh Bakteri dan Virus Berbahaya

Berita Otomotif

Mobil-Mobil Jaguar Land Rover Kelak Bisa Bunuh Bakteri dan Virus Berbahaya

COVENTRY - Jaguar Land Rover membeberkan riset dan pengembangan fitur masa depan yang bisa membunuh beragam sumber penyakit sehingga mencegah penyebarannya.

Mobil-mobil keluaran merek itu di masa depan mungkin akan mampu menghindarkan para pemiliknya dari berbagai penyakit. Carscoops pada akhir pekan ini melaporkan bahwa pabrikan otomotif yang berpusat di Whitley, Coventry tersebut sedang mempelajari bagaimana teknologi sinar ultraviolet (UV-C) bisa digunakan untuk menyetop penyebaran bakteri maupun virus.

Jaguar Land Rover memikirkan kemungkinan untuk mengintegrasikan teknologi UV-C ke sistem pendingin udara untuk menetralisir patogen-patogen berbahaya. UV-C sendiri telah digunakan di industri medis selama lebih dari 70 tahun selain untuk mendisinfeksi air, menyaring air, dan mensterilisasi permukaan.

Prosesnya ‘pembunuhan’ patogen-patogen berbahaya oleh teknologi UV-C terbilang simpel. Dengan memaparkan sinar ultraviolet 200-280 nanometers, struktur molekular dari DNA mereka bisa tercerai-berai.

Menariknya, teknologi yang sama bisa pula dimanfaatkan untuk melawan ‘superbug’. Jaguar Land Rover mengutip hasil studi terkini yang menunjukkan bahwa UV-C dapat memotong penyebaran organisme-organisme yang resisten terhadap obat-obatan semisal MRSA, vancomycin-resistant enterococci, C. Difficile, dan Acinetobacter hingga 30 persen.

Sejauh ini, belum ada informasi kapan teknologi UV-C bakal dibenamkan di model-model ciptaan pabrikan roda empat terbesar di Inggris ini. Namun, korporasi yang dimiliki oleh Tata Motors India tersebut mengklaim sistem ionisasi yang kini sudah mereka terapkan mampu menciptakan triliunan partikel berukuran nano yang menonaktifkan patogen.

“Implementasi dari fitur-fitur terkait kesehatan individual ini merupakan bagian dari riset dan pengembangan kami agar kami tak hanya meningkatkan kualitas hidup dari para pelanggan, tapi juga menawarkan keunggulan jelas mengenai kemampuan menyetop penyebaran patogen. Melindungi populasi dari ancaman penyakit apalagi kita sedang menuju arah sharing-mobility,” tandas Steve Iley, Jaguar Land Rover Chief Medical Officer.

Mobil menurutnya dapat menjadi salah satu langkah preventif mencegah penyakit. Pasalnya, menurut data Jaguar Land Rover, orang-orang setiap tahun menghabiskan waktu di dalam kendaraan hingga 300 jam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support