Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Wuling Pakai Baterai Buatan Indonesia!

Berita Otomotif

Mobil Listrik Wuling Pakai Baterai Buatan Indonesia!

JAKARTA – Mobil listrik Wuling di Indonesia siap menggunakan baterai buatan Indonesia.

Kesiapan itu, menurut keterangan resmi Wuling, ditandai dengan penyerahan secara simbolis baterai mobil listrik rakitan lokal kepada Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) pada Sabtu (29/4/2023) di Wuling Center, Jakarta.

Di samping itu, ditandatangani pula nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) investasi proyek baru Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai  (KBLBB) antara Presiden Direktur PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Shi Guoyong dengan Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto.

Baterai mobil listrik mereka dibuat di Indonesia melalui kerja sama strategis dengan Gotion High-Tech. Kolaborasi keduanya diresmikan lewat penandatanganan MoU pada November 2022.

baterai mobil listrik Wuling

Aksi Wuling tersebut, menurut Shi Guoyong, merupakan tonggak baru percepatan elektrifikasi kendaraan merek mobil asal China itu di Tanah Air.

“Penandatanganan nota kesepahaman dengan Kemenko Marves serta penyerahan baterai mobil listrik hasil kerja sama Gotion Hi-Tech yang diproduksi di dalam negeri tentunya menjadi komitmen nyata Wuling dalam mengembangkan ekosistem dan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dari hulu hingga hilir,” pungkas dia.

Gotion High-Tech bakal memproduksi baterai lithium iron phosphate (LFP) bagi mobil-mobil listrik Wuling. Di samping itu, mereka pun akan menangani layanan purnajual untuk komponen terpenting sekaligus termahal dari kendaraan listrik tersebut.

Wuling sendiri saat ini telah menjual dua model kendaraan elektrifikasi.

Pembukanya ialah battery electric vehicle (BEV/mobil listrik murni) Wuling Air EV yang mengaspal sejak Agustus 2022, dilanjutkan dengan Wuling Almaz hybrid pada November tahun yang sama.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Wuling Air EV

Air EV saat ini berstatus sebagai mobil listrik murni termurah di Bumi Pertiwi dengan rentang harga normal Rp200-300 juta-an.

Baik Air EV maupun Almaz hybrid sudah diproduksi di pabrik Wuling Cikarang, Bekasi bersama-sama dengan model-model bermesin konvensional.

Sejak April hingga Desember 2023, Air EV menjadi salah satu dari hanya dua model yang memenuhi syarat mendapatkan subsidi mobil listrik berupa pengurangan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 11 persen menjadi 1 persen.

Air EV juga menjadi salah satu kendaraan resmi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Mei ini. Seremoni penyerahan unit juga dilakukan bersamaan dengan upacara pemberian baterai rakitan lokal plus penandatanganan MoU.

Wuling menegaskan komitmen mereka untuk terus memperdalam rantai suplai komponen mobil listrik di Indonesia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang