Mitsubishi T120SS Stop Produksi, Konsumen Migrasi ke L300

Berita Otomotif

Mitsubishi T120SS Stop Produksi, Konsumen Migrasi ke L300

BOGOR - Konsumen dan calon konsumen Mitsubishi T120SS ternyata banyak yang hijrah ke L300, karena terbukti lebih efisien terutama bagi usaha yang sedang berkembang. 

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum lama ini menghentikan produksi T120SS. Mobil yang sebangun dengan Suzuki Carry, buah kerjasama dengan Suzuki Indonesia sejak 1997 dan telah diproduksi lebih dari 300 ribu unit ini resmi berakhir di awal 2019.

Alasan pastinya tidak pernah diungkapkan ke publik baik oleh pihak Mitsubishi maupun Suzuki. Namun banyak yang mengaitkan dengan bakal hadirnya generasi baru dari Carry di mana dimensinya kini makin besar, diperkirakan tak jauh berbeda dengan L300.

Yang menarik, MMKSI mengakui setelah T120SS tidak diproduksi, ternyata terjadi pergeseran konsumen kelas niaga ringan ini ke L300. Banyak dari konsumennya yang hijrah, yang tadinya menggunakan T120SS kini beralih ke L300.

"Ini banyak terjadi, terutama bagi mereka yang bisnisnya sedang berkembang. Tadinya menggunakan kendaraan pick-up sebesar T120SS kini ganti ke L300 dan ini terbukti lebih efisien," ungkap Irawan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI disela-sela peresmian dealer baru Mitsubishi di Tajur Bogor, Jawa Barat..

MMKSI sendiri menyatakan bahwa L300 kini menjadi primadona di kelas kendaraan niaga ringan. Di mana secara nasional memiliki pangsa pasar hingga 73 persen dan terjual rata-rata per bulan mencapai 2.000 unit.

Disinggung mengenai akankah ada kerjasama lagi dengan Suzuki di masa datang untuk menghidupkan kembali T120SS, Irawan tidak memberikan jawaban pasti. 

"Kalau untuk sekarang belum ada pembicaraan ke arah sana. Tapi bisa saja kerjasama ini akan terjadi lagi di masa mendatang," jelas Irwan.

Juga menarik untuk disimak adalah nyaris semua mobil pengkopi dalam proyek kolaborasi antar 2 pabrikan berakhir dengan stop produksi. Selain T120SS, kondisi sebaliknya dialami Isuzu Bison pengkopi L300 yang sudah berhenti dijual beberapa waktu lalu.

Proyek lainnya bisa dilihat ditulisan berikut ini. Yang bertahan hanya proyek kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang menghasilkan Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla dan Calya-Sigra. Semua model tersebut bisa bertahan karena Daihatsu merupakan anak perusahaan Toyota, berbeda dengan kerjasama yang dilakukan pabrikan lainnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support