Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mini Cooper Klasik Direstorasi dan Dirombak Jadi Mobil Listrik

Berita Otomotif

Mini Cooper Klasik Direstorasi dan Dirombak Jadi Mobil Listrik

NEW YORK – Mini Cooper klasik yang dirombak menjadi mobil listrik bakal dipamerkan dalam New York Auto Show 2018, 30 Maret sampai 8 April mendatang di Jacob K. Javits Convention Center.

Menurut Autocar pada pertengahan pekan ini, mobil klasik tersebut diubah sistem penggeraknya oleh Mini dari mesin konvensional empat silinder menjadi listrik murni. Model ini merupakan salah satu ‘pertunjukan’ sebelum Mini benar-benar meluncurkan mobil listrik pertama mereka pada 2019.

 Mini klasik bertenaga listrik itu hanya dibuat satu unit saja. Pabrikan asal Inggris tersebut merestorasinya dan membalurkan cat merah menyala di bodi, dipadukan dengan warna putih  kontras pada bagian atap.

Dua garis putih juga diberikan di atas kap mesin sehingga memberikan kesan sporty. Logo Mini khusus berwarna kuning disematkan di kap mesin, wheel cap, serta pintu bagasi.

Mini menjelaskan langkah ini diharapkan mampu memperkuat kesadaran publik, sebelum mobil listrik pertama dari merek yang kini menjadi bagian dari BMW Group tersebut benar-benar muncul di pasar tahun depan. Mini Cooper klasik bertenaga listrik juga dibikin untuk menunjukkan model lawas mereka pun bisa dikombinasikan dengan teknologi kekinian.

Sayangnya, Mini tidak bersedia memublikasikan spesifikasi model klasik bertenaga listrik di New York Auto Show 2018. Yang pasti, kendaraan itu adalah model tiga pintu, seperti juga mobil listrik mereka yang mengaspal di 2019 kelak.

Senior Vice President Mini Sebastian Mackensen menjelaskan mobil listrik mereka tahun depan akan didasarkan dari Mini Electric Concept yang pertama kali muncul dalam Frankfurt Motor Show 2017. Ia meyakini rasa berkendara ‘Go-kart Feeling’ khas Mini tak akan hilang meski sistem penggeraknya berganti.

“Torsi dan responsivitas, dikombinasikan dengan pusat gravitasi rendah, berarti bakal membuat lebih melekat ke permukaan dibandingkan versi mesin konvensionalnya,” kata Mackensen.

Pada 2017, Mini sudah  terlebih dahulu meluncurkan model plug-in hybrid (PHEV) perdana mereka yaitu Countryman S E All4 Hybrid. Roda empat satu ini dianggap sebagai batu pijakan pertama menuju 2019. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang