Michelin dan Barito Pacific akan Produksi Karet Ramah Lingkungan

Berita Otomotif

Michelin dan Barito Pacific akan Produksi Karet Ramah Lingkungan

PARIS - Michelin Group dan Barito Pacific Group (BPG) membentuk perusahaan joint venture untuk memproduksi karet alam ramah lingkungan (ec--friendly rubber).

Berdasarkan ketentuan perjanjian, kerjasama joint venture ini, sahamnya dimiliki 53% oleh BPG dan 47% oleh Michelin Group, dengan kontribusi Michelin Group sebesar US$ 55 juta.

Proyek ini melibatkan reboisasi tiga area konsesi, yang mewakili total luas area 88.000 hektar yang telah dirusak oleh penebangan liar tidak terkendali. Setengah dari area tersebut yang terletak di Provinsi Jambi dan bagian Timur Laut Kalimantan Timur akan ditanami pohon-pohon karet untuk menghasilkan karet alam (sekitar 80.000 ton per tahun).

Sementara sebagian lainnya akan dialokasikan untuk menciptakan sebuah lingkungan alami dan tanaman pangan masyarakat. Proyek ini bertujuan menciptakan lebih dari 16,000 lapangan kerja lokal yang berkesinambungan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam rangka mempromosikan praktik produksi karet alam yang berkelanjutan, Michelin Group telah  menjalin kerjasama jangka panjang dengan sebuah organisasi non-pemerintah, WWF. Program kemitraan empat tahun ini ditandatangani pada 24 April 2015 oleh Jean-Dominique Senard, Presiden Direktur Michelin Group, dan Marco Lambertini, Presiden WWF Internasional.

Kerjasama antara Michelin dan WWF meliputi tiga aspek: kemitraan global yang melibatkan promosi penerapan tata kelola perkebunan pohon karet dan ekstraksi serta transformasi lateks yang baik, di antara badan-badan internasional yang mewakili industri karet; kemitraan dengan WWF Prancis dan Panda WWF Indonesia dalam rangka meneliti dan membangun solusi terbaik di zona perkebunan yang dibarengi dengan kehadiran WWF di berbagai konsesi yang berbatasan dengan konsesi Michelin Group/Barito Group di Jambi. Dalam rangka memberikan dampak yang lebih efektif pada kegiatan CSRnya, Michelin Group dan Barito Pacific Group telah menempatkan departemen khusus dimana WWF akan terlibat di dalamnya. Koordinasi antara Michelin, Barito dan WWF juga bertujuan untuk melindungi Taman Nasional Tigapuluh dan Konservasi Hutan Lindung Limau, yang saat ini berada di bawah ancaman deforestasi; Sebuah kemitraan bersama Yayasan WWF Prancis yang meliputi perlindungan, pelestarian dan operasi restorasi untuk berbagai flora dan fauna yang ada di dalam dan sekitar zona konsesi. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual