Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Merasakan Chery Omoda 5 RZ, Fitur Melimpah di Harga Rp400 jutaan

Review

Merasakan Chery Omoda 5 RZ, Fitur Melimpah di Harga Rp400 jutaan

Mobil123 berkesempatan untuk menguji dan merasakan sensasi berkendara Chery Omoda 5 RZ selama 3 hari dari Jakarta ke Sentul, Bogor. 

Dalam perjalanan ini, kami dapat merasakan kenyamanan, performa, dan fitur-fitur yang ditawarkan mobil ini.

Adapun mobil ini bersaing dengan Honda HR-V.

Berikut adalah pengalaman kami saat menjelajahi perjalanan ini.

Menuju Bogor

Perjalanan dimulai dari sibuknya lalu lintas Jakarta, kami berangkat menuju bogor pukul 11.30 lewat Tol Jagorawi.

Belum lama masuk tol, perjalanan kami sudah menemui kemacetan karena kami jalan pada hari Sabtu yang mana banyak warga Jakarta melepas penat di wilayah Bogor.

Namun, berkat fitur Auto Brake Hold, kami tidak perlu menginjak pedal rem terus menerus saat kemacetan.

Kaki pun bebas dari pegal.

Fitur ini diaktifkan dengan menekan tombol yang ada di bawah tombol rem tangan, fitur ini meringankan kerja kaki kami pada saat kemacetan.

Saat fitur ini sudah aktif kaki bisa beristirahat.

Ketika mobil depan sudah bergerak maju cukup menginjak pedal gas secara perlahan untuk menonaktifkan Auto Brake Hold.

Chery Omoda 5 RZ memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam berkendara karena adanyanya Acoustic Glass.

Kabin mobil terasa kedap dan nyaman, dengan tempat duduk berbahan kulit berwarna hitam yang memberikan kenyamanan ekstra serta untuk Anda yang mempunyai anak kecil tidak perlu khawatir kotor. 

Fitur-fitur pengaturan kursi pengemudi dapat diatur secara elektrik dengan 6 arah penyesuaian memungkinkan kami menemukan posisi duduk yang ideal, sehingga dapat menghadapi perjalanan yang panjang dengan nyaman.

Fitur pengaturan secara elektrik tidak hanya ada pada kursi pengemudi melainkan juga terdapat di kursi penumpang depan.

Ditambah lagi dengan adanya pengaturan kemudi secara tilt maupun telescopic.

Sayangnya, masih diatur secara manual bukan elektrik. Ya, tapi ini jelas termaafkan.

Desain Omoda 5

Chery Omoda 5 memang memiliki desain yang futuristik yang membuatnya mudah menjadi pusat perhatian.

Desain gril One-piece Star Diamond kemudian dikombinasikan dengan lampu LED DRL di bagian depannya menggabungkan garis-garis tegas, tak hanya atraktif tapi juga cukup elegan.

Dari pabrikan Chery sendiri menyebut Omoda 5 bergaya Cross Sporty.

Buktinya saat kami mampir ke rest area untuk membeli makanan dan minuman, banyak mata yang memperhatikan mobil Omoda 5 yang kami bawa.

Bahkan ada yang bertanya ini mobil listrik ya? Karena desainnya yang futuristik ini.

Menjadi wajar jika Omoda 5 menjadi mobil favorit dan paling banyak di test di IIMS Jakarta dan Surabaya.

Setelah selesai membeli perbekalan untuk perjalanan yang tidak terlalu jauh ini kami lanjut perjalanan menuju tujuan.

Mesin Omoda 5

Chery Omoda 5 menggunakan mesin 1.5L TCI yang tangguh memberikan tenaga yang cukup untuk perjalanan ini.

Dengan tenaga sebesar 145 Hp dan torsi 230 Nm, Chery Omoda 5 RZ mampu memberikan akselerasi yang responsif dan kecepatan yang stabil di jalan tol.

Tidak hanya di tol, kami sempat mencoba jalanan menanjak di sekitar kawasan Babakan Madang.

Omoda 5 yang berisikan 3 orang penumpang ini pun tidak mengalami kesulitan dalam menanjak.

Transmisi otomatis 9 CVT with Electronic Shifter menjadikan perpindahan gigi yang halus, sehingga berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Selama perjalanan, suspensi depan Macpherson Independent Suspension dan suspensi belakang Twist beam Independent Suspension menghadirkan kenyamanan dalam menangani berbagai jenis permukaan jalan. 

Bahkan saat melewati jalan yang tidak rata atau berlubang, mobil ini mampu menjaga stabilitasnya dan mengurangi guncangan yang dirasakan di dalam kabin.

Fitur-Fitur Lain Omoda 5

Fitur-fitur keselamatan pada Chery Omoda 5 RZ juga memberikan kepercayaan diri selama perjalanan. 

Fitur 6 Airbags sudah menjadi fitur bawaan mobil ini dengan dukungan fitur keselamatan lain seperti sistem Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist bekerja sama untuk memberikan kemampuan pengereman yang optimal dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. 

Tidak hanya itu Omoda 5 juga dilengkapi dengan Advanced Driving Assistance System (ADAS) dan fitur lain seperti: 

  • Lane Departure Warning
  • Blind Spot Detection
  • Emergency Lane Keeping
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow
  • Front Collision Warning with Vehicle Identification
  • Autonomous Emergency Braking
  • Traffic Sign Recognition
  • Car Lead Departure Sign
  • Integrated Cruise Assist

Kami sempat mencoba fitur Adaptive Cruise Control pada Omoda 5 fitur ini sangat berguna saat di tol, karena dapat mengikuti kecepatan kendaraan di depan dan bisa mengatur jarak dengan kendaraan didepan sesuai dengan jarak yang kami atur.

Sistem kamera 360 dan sensor parkir memudahkan saat melakukan manuver parkir, terutama dalam ruang yang sempit atau saat berbelok mundur.

Kami merasakan fungsi fitur ini saat berpapasan dengan mobil lain di jalan yang sempit dengan tersedia pilihan tampilan kamera baik didepan, belakang, samping kanan kiri dan visual secara 360 derajat.

Omoda 5 memiliki dimensi yang tidak terlalu besar yaitu panjang: 4.400 mm, lebar: 1.830 mm,
tinggi: 1.588 mm dan jarak sumbu roda: 2.630 mm sehingga tidak terlalu kesulitan saat berpapasan dengan mobil dari lawan arah.

Saat melintasi rute perjalanan yang berkelok-kelok dan tanjakan, fitur Up Hill & Down Hill Assist Control seperti Hill Start Assist & Hill Descent Control memberikan keamanan ekstra. 

Fitur ini membantu dalam menjaga kecepatan kendaraan saat melintasi tanjakan dan menurunkan kecepatan saat melalui turunan curam, sehingga pengemudi dapat berkendara dengan tenang tanpa harus khawatir tentang kontrol kendaraan.

Ada juga fitur Ambient Light di bagian pintu, dashboard depan kiri dan cup holder yang pilihan warnanya dapat diatur sesuai keinginan.

Omoda 5 juga dibekali dengan fitur untuk membuka semua jendela dan sunroof melalui remote dengan menekan tombol unlock yang berfungsi untuk membuang hawa panas dalam kabin.

Lalu dari remote ini juga bisa menghidupkan mesin serta menghidupkan AC jadi ketika Anda sedang siap-siap ingin bepergian tanpa harus masuk ke dalam mobil dan menekan tombol start.

Caranya dengan menekan tombol remote start selama lima detik.

Dual Zone Automatic dan Ventilated Seat

Karena kami berjalan ke Bogor pada siang hari maka cuaca di luar sedang panas tetapi tidak perlu khawatir karena Omoda 5 dilengkapi dengan sistem pendingin Dual Zone Automatic sehingga bisa leluasa mengatur antara suhu pengemudi dan penumpang di depan.

Selain fitur Dual Zone Automatic ada juga fitur Ventilated Seat yang mampu memberikan sirkulasi udara di jok yang dapat diatur 3 tingkat hembusannya.

Omoda 5 juga dilengkapi dengan Front & Rear Defogger yang membuat kami tidak perlu khawatir baik kaca depan maupun belakang berembun karena ada fitur ini.

Layar Berukuran Besar

Sistem hiburan dengan layar sentuh 10,25 inci yang dilengkapi dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto memungkinkan kami untuk tetap terhubung dengan mudah dan menikmati perjalanan dengan musik atau podcast favorit.

Serta menampilkan rute jalan dari aplikasi yang sudah kami atur sebelumnya.

Layar hiburan pada Omoda 5 memang berukuran 10,25 inci tetapi jika Anda melihat dari dalam akan terlihat seperti layar berukuran lebih besar karena layar terlihat seperti menyambung untuk menampilkan informasi pengendara juga.

Dalam layar di sebelahnya dapat menampilkan informasi seperti konsumsi bbm, jarak tempuh, suhu mesin, suhu di luar, jam dan posisi transmisi.

Intelligent Voice Assistance

Omoda 5 juga dilengkapi dengan Intelligent Voice Assistance dengan fitur ini kami mencoba untuk membuka tutup sunroof, mengatur suhu, dan membuka kaca jendela penumpang.

Namun fitur ini hanya bisa dilakukan dalam bahasa Inggris, mungkin kedepannya pihak Chery bisa memberikan update untuk melakukan perintah menggunakan Bahasa Indonesia.

Dua Mode Berkendara

Omoda 5 dibekali dengan dua mode berkendara yaitu ECO dan Sport.

Saat menggunakan mode Sport MID akan berwarna oranye kemerahan yang membuat akselerasi menjadi lebih “galak” serta perpindahan gigi transmisi dibuat pada rpm yang tinggi.

Lalu mode ECO, dalam mode ini MID akan berwarna hijau kemudian akselerasi juga dibuat lebih halus untuk mengincar konsumsi BBM yang baik.

Saat menggunakan mode ECO Mobil123 mencatat konsumsi BBM 1:11,1 liter dengan rute kombinasi jalan biasa dan tol. 

Harga Omoda 5

Mobil ini tersedia dalam dua varian yaitu:

  • Omoda 5 Z Rp334,8 juta
  • Omoda 5 RZ Rp404,8 juta

Harga diatas merupakan harga on the road Jakarta. Omoda 5 menyasar kaum muda-mudi yang open minded, menyukai olahraga dan suka mencoba hal baru.

Kesimpulan 

Perjalanan dari Jakarta ke Bogor dengan Chery Omoda 5 RZ menyenangkan karena fitur-fitur yang ada.

Mobil ini memberikan kenyamanan, performa, dan fitur-fitur canggih yang meningkatkan pengalaman berkendara. 

Dalam perjalanan ini, Mobil123 merasakan kualitas dan kehandalan mobil ini, serta desainnya yang menarik perhatian di jalan. 

Dengan segala hal ditawarkan, Chery Omoda 5 RZ siap menjadi alternatif pilihan selain Honda HR-V mengingat harganya hanya di angka Rp404 jutaan dengan fitur yang melimpah. [Ryn/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang