Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Menteri Airlangga: Transisi ke Mobil Listrik Sebuah Keharusan

Berita Otomotif

Menteri Airlangga: Transisi ke Mobil Listrik Sebuah Keharusan

JAKARTA - Geopolitik dan ketidakpastian global saat ini menyebabkan tertekannya sektor energi dan harga bahan bakar minyak (BBM) melambung tinggi. Hal itu membuat Indonesia bersiap-siap untuk transisi menuju mobil listrik/electrical vehicle (EV).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menilai transisi ke mobil listrik merupakan sebuah keharusan bagi Indonesia guna menekan impor BBM serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih.

"Perhitungannya harga satu liter bensin sekitar Rp17.000 setara 1,5 kWh, menurut hitungan Pak Dirut PLN harganya 10 persen dan itu non-subsidi, sedangkan BBM ini masih disubsidi," ujar Airlangga di acara pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, di JIExpo Kemayoran, Kamis (31/3/2022).

Menurut Airlangga, transisi dari bensin ke listrik ini jadi solusi untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak. Selain itu, pemerintah juga sedang mendorong biodiesel B30.

Pemerintah pun sudah memberikan sejumlah instrumen fiskal yang bisa mendorong pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya adalah pembebasan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)  bagi kendaraan listrik. 

Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perubahan PP Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah. 

Dorong Pabrikan Kendaraan Listrik

Untuk mendorong pertumbuhan industri pabrikan kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah juga sudah melakukan perubahan aturan pada Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai/BEV (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Tahun ini, lanjut Airlangga, akan ada tiga pabrikan mobil listrik yang di-launching.

"Tadi ada launching EV konsep dari Toyota Innova. Kami berharap ini akan lebih cepat, karena beberapa waktu lalu sudah masuk dari Hyundai yaitu Ioniq dan ada lagi pabrikan yang produksi mobil listrik september mendatang," ujarnya. [Tih/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang