Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mengulas Sejarah, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT 2023

Panduan Pembeli

Mengulas Sejarah, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT 2023

Honda BeAT 2023 merupakan skuter matik (skutik) yang sangat populer di Indonesia. Motor hasil garapan pabrikan Jepang ini terkenal sangat irit dan harganya pun murah.

Pertama kali muncul di Indonesia pada 2008 silam, Honda BeAT sudah hadir dalam lima generasi. Pembaruan yang diberikan pun semakin canggih pada setiap generasinya.

BeAT generasi paling terkini meluncur tiga tahun lalu. Skutik ini memiliki tampilan yang semakin sporty, dan dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

Untuk Anda yang sedang mencari motor matik baru dan penasaran dengan motor ini, berikut adalah uraian spesifikasi Honda BeAT 2023, kelebihan dan kekurangan, serta sejarahnya di Indonesia.

Spesifikasi Honda BeAT 2023

Dimensi

Panjang

1.877 mm

Lebar

669 mm

Tinggi

1.074 mm

Tinggi tempat duduk

740 mm

Wheelbase

1.256 mm

Ground Clearance

147 mm

Curb Weight

89 kg

Mesin & Transmisi

Tipe mesin

4 -langkah, SOHC, eSP

Kapasitas mesin

109,5 cc

Sistem injeksi

PGM-FI

Diameter x langkah

47,0 x 63.cc

Rasio kompresi

10,0 : 1

Tenaga tertinggi

6,6 kW (9.0 ps)/7.500 mm

Torsi tertinggi

9,3 Nm/5.500 mm

Kapasitas Tangki Bensin

4,2 liter

Tipe transmisi

Otomatis, V-Matic

Tipe starter

Elektrik dan kick starter

Tipe kopling

Otomatis, Sentrifugal, tipe kering

Rangka & Kaki-kaki

Tipe rangka

Tulang punggung – eSAF

Suspensi depan

Teleskopik

Suspensi belakang

Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal

Ukuran Ban depan

80/90 – 14 M/C Tubeles

Ukuran Ban belakang

90/90 – 14 M/C Tubeles

Rem depan

Cakram hidrolik dengan piston tunggal

Rem belakang

Tromol

Sistem pengereman

Combi Brake System

Kelebihan Honda BeAT 2023

Seperti kendaraan roda dua pada umumnya, Honda BeAT memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini beberapa kelebihan dari skutik tersebut.

Konsumsi BBM Irit

Salah satu alasan Honda BeAT populer di Indonesia karena konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Skutik ini memiliki beberapa teknologi canggih untuk memperkecil pemakaian bahan bakar saat melaju. Sebut saja mesin berteknologi eSP dan fitur ISS sebagai faktor yang berkontribusi.

Gesit dan Lincah

Honda BeAT merupakan skutik yang memiliki ukuran cukup ramping, panjang tubuhnya 1.877 mm, lebar  669 mm dan tinggi 1.074 mm.

BeAT generasi terbaru menggunakan rangka eSAF yang diklaim lebih ringan.

Dengan dimensi yang lebih kecil dan bobot motor ringan, BeAT dikenal lincah dan gesit.

Desain Stylish dan Sporty

Satu lagi alasan Honda BeAT digandrungi banyak orang, khususnya anak muda, adalah tampilan motor yang sangat sporty dan stylish.

Kesan sporty dapat dirasakan dari lekukan bodi yang tajam, serta bentuk lampu depan yang menyerupai huruf 'V', sangat sesuai dengan selera para pengendara muda zaman sekarang.

Banyak Fitur Canggih

Fitur-fitur yang dipasang pada Honda BeAT cukup melimpah. Fitur yang paling terlihat adalah lampu depannya memakai LED, kemudian indikator ECO pada panel instrumen untuk menuntun pengemudi berkendara hemat bahan bakar.

Ada juga fitur CBS untuk pengereman lebih pakem, Parking Brake Lock dan Side Stand Switch, serta power charger untuk mengecas handphone pengendara. Fitur power charger hanya ada di varian BeAT Deluxe.

Harga Terjangkau

Sebagai skutik yang irit bahan bakar dan memiliki fitur canggih, Honda BeAT memiliki banderol yang terhitung sangat ramah dengan dompet.

Mengutip situs web resmi Astra Honda Motor pada April 2023, BeAT CBS sebagai tipe termurah dijual dengan harga Rp18 juta on the road (OTR) Jakarta.

Berikut ini rincian harga dari semua tipe Honda BeAT:

  • Honda BeAT CBS Rp18 juta
  • Honda BeAT Street Rp18,65 juta
  • Honda BeAT Deluxe Rp18,85 juta

Kekurangan Honda BeAT 2023

Selain punya kelebihan, Honda BeAT 2023 juga memiliki beberapa hal yang menjadi nilai minus bagi beberapa orang. Berikut ini beberapa kekurangannya.

Dimensi Kecil

Dimensi Honda BeAT yang kecil bisa dianggap sebagai pedang bermata dua. Jika di satu sisi ukuran kecil BeAT memungkinkan untuk bermanuver dengan lincah, di sisi lain ukuran tersebut membuat motor menjadi tidak nyaman untuk sebagian pengendara, khususnya orang-orang berpostur besar atau tinggi.

Bagasi Minim

Satu lagi kekurangan dari Honda BeAT adalah kapasitas bagasi di bawah jok yang tidak terlalu besar. Dengan ukuran 12 liter, bagasi tersebut tidak cukup untuk menampung sebuah helm.

Bisa dibilang motor ini tidak praktis untuk membawa barang dalam ukuran besar atau jumlah yang banyak, kecuali jika pengendara menambah aksesori top box di belakang motor.

Sejarah Honda BeAT

BeAT Generasi 1

Honda BeAT pertama kali muncul di Indonesia pada 2008. Kala itu BeAT menjadi penantang Yamaha Mio yang cukup laku pada masanya.

BeAT generasi pertama mengandalkan mesin kapasitas 108 cc SOHC 2 katup dengan sistem pembakaran mesin menggunakan karburator.

Di atas kertas mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 8,22 ps (8,33 hp) pada putaran 8.000 rpm, sedangkan torsinya mencapai 8,32 Nm per 5.500 rpm.

Untuk tangki bensinnya berkapasitas 3.5 liter.

Saat pertama kali hadir, Honda BeAT dikenal memiliki suara starter cukup keras dan menjadi hal yang dikeluhkan para penggunanya.

Meski begitu, motor ini dianggap mudah dimodifikasi khusunya di bagian mesin karena masih menggunakan karburator. Hal ini pun membuat BeAT generasi pertama banyak dicari para penggiat modifikasi di pasar motor bekas.

Dari segi tampilan, BeAT generasi 1 memiliki desain yang sporty dengan adanya lekukan tajam di bodi.

Pada 2010, BeAT mendapatkan penyegaran dengan tambahan desain striping baru berwarna berbeda. Selain itu, sepatbor depan BeAT dibuat lebih panjang.

Pilihan pelek juga lebih variasi karena ada versi jari-jari. Harga yang disematkan pada BeAT sekitar Rp12 juta-an untuk varian pelek jari-jari, sedangkan harga untuk varian pelek racing lebih mahal Rp500 ribu.

BeAT Generasi 2

Pada 2012, Hoda BeAT hadir dalam generasi baru. pembaruan yang paling signifikan pada BeAT generasi ini adalah sistem pembakaran bahan bakar pada mesin yang menggunakan injeksi.

Sistem pembakaran bahan bakar injeksi bernama PGM-FI milik Honda ini dikatakan dapat membuat konsumsi BBM lebih irit.

Selain sistem injeksi, bagasi di bawah jok BeAT juga dibuat lebih besar menjadi 11,2 liter. Hal ini membuat tampilan bodi motor menjadi lebih gendut.

Honda BeAT generasi ini pun mendapat fitur Combi Brake System (CBS) yang membuat pengereman motor lebih mantap.

BeAT Generasi 3

Pada 2014 Honda mendatangkan BeAT generasi ketiga. Perubahannya mencakup segala sektor pada motor.

Dapur pacu yang dipasang pada BeAT generasi ini  mengusung teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang diklaim dapat menambah efisiensi bahan bakar dan meningkatkan performa dalam berkendara. Mesin ini pun dikatakan memiliki getaran yang minim.

Kemudian terdapat fitur ACG (Alternating Current Generator) yang membuat suara starter motor menjadi lebih halus.

BeAT generasi ini terdiri dari tiga tipe, yaitu tipe CW (Cast Wheel), CBS dan CBS ISS (Idling Stop System).

Ada juga varian BeAT Pop, di mana model ini memiliki tampilan lebih segar sesuai dengan selera anak muda.

BeAT Generasi 4

BeAT generasi keempat diluncurkan pada 2016 dalam rangka tercapainya penjualan BeAT hingga 10 juta unit sejak pertama kali hadir di Tanah Air.

Pada generasi ini, BeAT memiliki bagasi dan tangki bensin yang lebih besar. Pembaruan juga ditemukan pada panel instrument motor yang merupakan gabungan dari model digital dengan analog.

Jika di generasi sebelumnya ada model BeAT Pop, maka di generasi ini lahir model BeAT lainnya, yakni BeAT Street.

BeAT Street memiliki model stang telanjang, komponen digital panel instrument pun bisa langsung terlihat dari depan motor. Model yang memiliki kesan seperti motor trail ini memang diluncurkan untuk menyasar kalangan anak muda.

BeAT Generasi 5

Generasi terkini Honda BeAT dihadirkan pada awal 2020. Banyak pembaruan yang diberikan kepada BeAT generasi ini.

Salah satunya adalah penggunaan rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) yang dikatakan lebih ringan dari rangka BeAT generasi terdahulu. Dengan rangka tersebut, BeAT menjadi lebih ringan dan mudah untuk dipakai berkendara.

Kemudian lampu utama BeAT menggunakan LED yang lebih terang dan memakai daya listrik rendah, serta ada fitur power charger untuk mengisi daya baterai handphone pengendara.

BeAT generasi 5 memakai mesin yang baru dengan kapasitas 109,5 cc. Mesin tersebut dapat menghamburkan tenaga hingga 9 ps (9,12 hp) per 7.500 rpm dan torsi mencapai 9,3 Nm per 5.500 rpm.

Model BeAT Street masih tersedia di generasi ini, sedangkan BeAT Pop sudah stop produksi.

Pada 2023, BeAT mendapatkan penyegaran di sektor warna dan strip baru, membuat tampilannya menjadi lebih sporty. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang