Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Menguji Efisiensi BBM Hyundai Stargazer Bawa Beban 330 Kg

Berita Otomotif

Menguji Efisiensi BBM Hyundai Stargazer Bawa Beban 330 Kg

SOLO – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menantang para rekan media untuk menguji efisiensi bahan bakar minyak (BBM) Hyundai Stargazer menggunakan mode kemudi ECO pada acara Media Test Drive Stargazer yang diadakan 31 Agustus Hingga 2 September 2022, Surabaya-Malang-Solo.

Pada waktu pengetesan, muatan yang ada di dalam masing-masing unit Stargazer diatur sedemikian rupa, sehingga total berat beban yang dibawa, termasuk berat penumpang dan barang bawaan berupa karung beras, sekitar 330 kilogram (kg).

Rute yang diambil untuk pengujian efisiensi BBM Stagazer mulai dari Rest Area KM 626 Saradan sampai Rest Area Travoy KM 519 di tol Solo – Ngawi. Jarak antar kedua rest area tersebut kurang lebih 107 km.

Saat melakukan sesi pengetesan mode ECO, Mobil123.com tetap mengendarai Stargazer seperti biasa dengan menggunakan beberapa fitur, yaitu Lane Keeping Assist teknologi Hyundai SmartSense serta Cruise Control. Kecepatan yang ditempuh konstan, antara 80 – 100 km per jam.

Hasil dari pengujian efisiensi BBM Stargazer didapat 19,7 km per liter.

Tips Irit Bahan Bakar Stargazer

Sebelum melakukan pengetesan, pihak Hyundai memberikan beberapa tips untuk membuat konsumsi bahan bakar Stargazer lebih irit.

Selain menggunakan mode ECO, pengguna Stargazer disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Tidak melakukan percepatan dan perlambatan mobil yang tinggi/instan
  • Kecepatan mobil pada angka yang konstan dan tidak terlalu tinggi, misalkan 70 atau 80 km per jam
  • Meminimalkan penggunaan AC
  • Meminimalkan penggunaan kelistrikan lain (misalkan head unit, mengecas menggunakan Power Outlet, USB, atau wireless)

Efisiensi 19,7 km per liter yang Mobil123.com dapatkan saat pengetesan berdasarkan pengendaraan biasa. Drive Mode ECO, kecepatan 80 – 100 km per jam di jalan tol, menggunakan Cruise Control, AC, dan menyalakan lampu depan karena saat waktu pengetesan sudah malam hari.

Jika saja pengendaraan Stargazer dilakukan dengan menerapkan tips di atas, bisa saja angka efisiensi bahan bakar menyentuh angka 24 hingga 26 km per liter. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang