Mengemudi Saat Musim Hujan, Pastikan 5 Komponen Mobil Ini dalam Kondisi Prima

Panduan Pembeli

Mengemudi Saat Musim Hujan, Pastikan 5 Komponen Mobil Ini dalam Kondisi Prima

JAKARTA – Ada setidaknya lima komponen terpenting yang mesti diperhatikan, ketika mobil ingin dikemudikan saat musim hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami musim hujan pada Oktober atau November 2021. Adapun untuk area Jakarta dan sekitarnya, hujan terpantau sudah mulai lebih sering turun.

Berkendara di musim hujan sendiri perlu kewaspadaan lebih. Harus ada persiapan baik dari sisi pengemudi maupun kendaraannya.

persiapkan mobil saat mengemudi di musim hujan

Jika Anda cuek terhadap diri sendiri dan kondisi mobil, risiko mengalami insiden yang tidak diinginkan bisa makin besar.

Persiapkan Kendaraan Saat Musim Hujan

Berikut komponen-komponen mobil yang perannya makin vital demi menjaga keamanan dan kenyamanan Anda ketika mengemudi saat musim hujan, dikutip dari keterangan resmi Auto2000:

  • Ban

Tingkat keausan ban harus berada dalam batas normal. Adapun acuannya ialah Tread Wire Indicator (TWI). Umumnya, indikator ini berbentuk ikon segitiga dan berada pada alur ban.

Ban sudah terbilang aus dan harus diganti ketika bagian tapaknya sudah menyentuh ujung dari segitiga tersebut.

Ini penting karena jalanan menjadi lebih licin saat musim hujan, sehingga ban harus dapat mencengkeram dengan baik.

Pastikan pula tekanan angin ban sesuai standar agar kinerjanya optimal.

  • Rem

Dalam kondisi jalan licin bukan hanya ban yang bekerja keras, tapi juga rem. Oleh karena itu, periksa bagian-bagian rem seperti kampas dan minyak rem.

Kampas yang sudah aus harus diganti. Minyak rem yang berada di bawah level minimal harus diwaspadai, karena itu merupakan pertanda adanya kebocoran pada sistem pengereman.

  • Wiper

Jarak pandang pengemudi bakal berkurang ketika hujan turun. Makin deras hujannya, makin tereduksi jangkauan pandangan mata ke area jalan.

Ini membuat peran wiper terbilang vital sewaktu Anda mengemudi di musim hujan. Cek kondisi karetnya, gagang wiper, motor penggerak wiper, juga kecukupan cairan pembersih kacanya.

persiapkan mobil saat mengemudi di musim hujan

  • Lampu

Berkurangnya jarak pandang tak hanya memerlukan wiper yang prima, tapi juga lampu yang berfungsi dengan baik.

Cek mulai dari lampu utama, lampu sein, lampu kabut, hingga lampu belakang.

  • AC

AC atau pendingin udara juga perlu bekerja dengan baik. Angin yang keluar dari sistem AC mesti dingin agar kaca depan mobil tidak menjadi berembun dan malah makin menggangu daya pandang pengemudi.

Jangan abaikan kelima komponen tersebut ketika berkendara di musim hujan seperti sekarang ini. Jika perlu, periksakan kendaraan Anda di bengkel tepercaya. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar