Yuk Rawat Rem Kendaraan agar Tetap Prima

Panduan Pembeli

Yuk Rawat Rem Kendaraan agar Tetap Prima

JAKARTA – Rem merupakan komponen kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting.

Tanpa adanya rem, kendaraan akan melaju kencang tanpa dapat dikendalikan. Untuk itulah, rem harus dirawat secara berkala agar perfomanya tetap maksimal.

Sistem pengereman terdiri dari berbagai komponen mulai dari pedal rem di dalam kabin, booster rem, slang rem, master rem, kaliper rem, kampas rem, minyak rem dan cakram (disc). Masing-masing perangkat tadi memiliki tugas dan fungsi tersendiri agar mobil bisa berhenti dalam kondisi normal setelah berakselerasi.

Lantas, bagaimanakan cara merawat rem dengan benar? Berikut adalah tips perawatan rem secara optimal

Ganti minyak rem secara rutin
Untuk memaksimalkan daya pengereman mobil, sebaiknya ganti minyak rem setiap 25.000 km. Kualitas minyak rem yang sudah menurun akibat masa pemakaian dapat menyebabkan rem jadi blong. Gejala itu dapat dirasakan pada injakan pedal rem yang terasa tidak konsisten.

Periksa kondisi kanvas rem
Kanvas rem yang sudah terlalu tipis dapat dapat mengurangi daya pengereman pada mobil. Sebaiknya ganti kanvas saat masa pemakaian kurang lebih tinggal 20 persen. Cara memeriksanya yaitu lepaskan roda dengan kunci, kemudian perhatikan bagian disc break dan lepas pegangan kampas rem dengan obeng. Bersihkan dengan amplas jika rem kotor, karena jika rem kotor akan membuat fungsi rem kurang maksimal.

Periksa kondisi sepatu Rem
Bagian ini sangat rentan terhadap karat terutama jika sering terkena air. Pemeriksaan pada dudukan rem untuk memastikan sepatu rem dapat menekan kampas rem dengan baik sehingga menghindari terjadinya gesekan yang kerap menimbulkan bunyi pada saat rem digunakan

Jangan gunakan komponen palsu
Peran rem sangatlah penting. Untuk itu, pastikan Anda tidak mempertaruhkan nyawa Anda dengan menggunakan komponen aftermarket sembarangan. Meski lebih murah, namun bila rem tidak berfungsi dengan semestinya maka dapat menyebabkan resiko kecelakaan.

Servis rem mobil secara berkala setiap 5000 km
Tentunya bila sudah tak optimal karena sering dipakai sebaiknya lakukan servis rem secara berkala. Rata-rata bengkel umum mematok biaya jasa antara Rp 80 - Rp 100 ribu per mobil untuk servis rem secara berkala. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual