Mencoba Datsun GO Panca Special Version

Review

Mencoba Datsun GO Panca Special Version

JAKARTA – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali membuktikan performa Datsun GO + Panca dan GO Panca dalam acara “Seseruan Sareng Datsun” beberapa waktu silam.

Melalui kegiatan ini NMI menyertakan beberapa awak media mencoba kedua produk mereka. Mobil123.com kebetulan mendapat varian hatchback lansiran 2016 yang telah dilengkapi tumble seat dan retractable seatbelt pada baris kedua. Mobil ini juga telah ditambahkan antena luar dan C-Cluster beraksen silver.

Perjalanan kami dimulai dari Wisma Indomobil di kawasan Cawang, Jakarta Selatan. Selain pembaruan aksesori pada bagian interior dan eksterior tersebut sebelumnya, Datsun yang kami gunakan masih menggendong mesin HR12DE 1.2 Liter.

Mesin tiga silinder Datsun yang khas menyapa kami untuk berpetualang ke tanah Pasundan, Bandung, Jawa Barat. Akselerasi mesin tiga silinder ini cukup responsif untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC). Hal ini diperlukan saat sedang menghadapi tanjakan curam maupun jalanan rusak berbatu.

Kemampuan Datsun GO Panca yang kami kendarai mulai diuji ketika memasuki jalan bebas hambatan di kawasan Padalarang. Kontur jalanan berbukit yang menyajikan tanjakan panjang mampu dilalui para peserta Seseruan Sareng Datsun.

Adanya fitur retractable seatbelt pada jok belakang membuat penumpang merasa terlindungi. Pada varian GO+ Panca, fitur tumble seat membuat akses keluar masuk penumpang maupun barang menjadi semakin mudah.

Para peserta memasuki daerah Lembang, Bandung yang berlubang dan banyak kerikil tidak menyulitkan pengemudi. Seluruh penumpang juga tetap merasa nyaman berkat sokongan suspensi Datsun meskipun melalui medan tidak rata. Ground clearance Datsun juga cukup tinggi sehingga pengendara percaya diri menghadapi setiap rintangan.

Sesampainya di destinasi pertama yakni sebuah rumah makan di kawasan Lembang, Bandung. Di sana NMI meluncurkan varian terbaru dan terbatas yakni Datsun GO Panca Special Version. Usai acara press conference, peserta beranjak ke tempat wisata The Lodge Maribaya.

Jalanan menuju lokasi wisata tersebut cukup menantang. Jalanan berlubang kerap kami temui sehingga pengendara harus ekstra waspada. Hatchback Datsun terbukti sangat mumpuni menghadapi medan jalan seperti ini.

Hembusan AC yang merata hingga kabin bagian belakang juga menambah kenyamanan perjalanan kami. Selesai bermain di The Lodge Maribaya, rombongan menuju tujuan selanjutnya yakni hotel untuk beristirahat.

Keesokan harinya, Datsun akan kembali diuji kemampuannya di Lanud Suryadarma Kalijati, Subang. Setiap peserta Seseruan Sareng Datsun ditantang untuk melakukan Gymkhana Challenge dan Mini Drag Race Challenge bersama Datsun GO Panca.

Dipandu oleh pembalap Jimmy Lukita, para peserta melakukan beberapa manuver guna mendapatkan waktu tercepat. Kedua tantangan tersebut menguji kemampuan LCGC tersebut dari segi akselerasi, pengendalian dan suspensi.

Puas “menyiksa” Datsun GO Panca, rombongan kembali ke Ibukota pada sore harinya. Kali ini para peserta dihadang dengan hujan cukup deras di jalan bebas hambatan. Namun Datsun tetap nyaman dan aman dikendarai.

Kesimpulan

Datsun Indonesia memang belum menambahkan varian transmisi matik pada produk buatannya. Namun baik hatchback maupun MPV mereka cukup nyaman dikendarai. Dengan perawatan yang terjangkau, mobil ini memiliki resale value cukup tinggi.

Dengan mempertahankan varian manual, Datsun masih merupakan LCGC yang terjangkau bagi masyarakat. Menurut kabar yang berhembus, manufaktur asal Jepang ini akan segera memasarkan varian matiknya tahun ini. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual