Memilih BBM Tepat untuk Kendaraan

Panduan Pembeli

Memilih BBM Tepat untuk Kendaraan

JAKARTA – Seiring menjamurnya kendaraan dengan teknologi terkini, semakin banyak pula masyarakat yang mencari BBM dengan kualitas lebih tinggi sehingga sesuai dengan spesifikasi kendaraannya.

Salah satu merek BBM berkualitas tinggi yang beredar di pasaran adalah Pertamax Turbo yang memiliki RON 98. BBM ini cocok untuk mobil-mobil yang memiliki tekanan kompresi mesin tinggi dan disandingkan dengan Ignition Boost Formula (IBF) sebagai penunjang driveability kendaraan.

Namun, untuk penggunaannya tetap harus disesuaikan dengan rasio kompresi mesin bawaan mobil. Pertamax Turbo diklaim sangat cocok untuk mobil dengan rasio kompresi 12:1 ke atas atau kendaraan kompresi lainnya dengan teknologi mesin turbo charger. 

"Kompresi tinggi bertujuan menghasilkan tenaga lebih maksimal. Namun, dibutuhkan juga bahan bakar yang tahan kompresi tinggi. Semakin tinggi RON, artinya lebih tahan terhadap detonasi. Tapi, penggunaan BBM dengan oktan terlampau tinggi juga tidak maksimal apabila kompresinya rendah," kata Suparna, Service Manager Auto2000 Cilandak. 

Jika dilihat dari data compression ratio chart, Pertamax Turbo juga bisa tetap digunakan oleh mobil dengan kompresi rasio 10:1 dan 11:1. Suparna menyebut kendaraan tersebut, khususnya 11:1 membutuhkan RON 95 ke atas, termasuk Pertamax Turbo yang oktannya 98.

"Penggunaan bahan bakar di atas minimal angka oktan atau cetane membuat mesin bekerja lebih sempurna. Sehingga, tenaga juga lebih maksimal dan irit BBM," lanjut Suparna. 

Keuntungan lain menggunakan BBM di atas anjuran seperti Pertamax Turbo juga berdampak pada usia pakai dari komponen di mesin dan ruang bakar. Mesin menjadi lebih bersih dari timbunan kerak karbon. Tapi, akan berbanding terbalik jika pemilik mobil menggunakan BBM jauh di bawah saran pihak pabrikan lantaran pembakarannya tidak sempurna. 

"Apabila secara terus menerus menggunakan BBM tidak sesuai anjuran, potensi terbesarnya pada mesin bensin akan mengalami penurunan tenaga hingga engine knocking atau ngelitik dan deposit carbon di ruang bakar serta penurunan efisiensi (boros)," sahut Irwansyah Siregar, Head of PC Technical Service & CS Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). 

Lebih lanjut, Irwansyah juga menjelaskan hal tersebut akan memengaruhi umur komponen di ruang bakar seperti piston atau silinder dan valve pada mesin bensin. Sementara di mesin diesel bisa menyerang fuel filter, injection pump dan injector. 

Bukan hanya memperpendek usia pakai komponen mesin, pembakaran yang tidak sempurna tersebut juga berdampak negatif terhadap lingkungan. Bahkan, kandungan zatnya berbahaya untuk kesehatan manusia. 

"Bagi lingkungan akan menyebabkan polusi akibat pembakaran tidak sempurna. Misal CO, HC dan NOx berlebihan dan berbahaya buat kesehatan," ujar Suparna. 

Hadirnya Pertamax Series seperti Pertamax Turbo ini merupakan langkah komitmen Pertamina untuk menekan pencemaran udara dan menjamin efisiensi kendaraan. Melalui BBM berkualitas tinggi dan ramah lingkungan yang bisa menjadi pilihan masyarakat. ####



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support