Harga Pertamax Series Naik Rp 600 per Liter

Berita Otomotif

Harga Pertamax Series Naik Rp 600 per Liter

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax Series dan Dex Series mulai hari ini dan berlaku di SPBU seluruh Indonesia.

Kenaikan harga ini diklaim Pertamina akibat dampak harga minyak mentah dunia yang terus meningkat. Tercatat, saat ini harga minyak dunia rata-rata mencapai 75 dolar per barel sehingga Pertamina harus menyesuaikan harga. .

“Bahan baku BBM adalah minyak mentah, tentunya ketika harga minyak dunia naik akan diikuti dengan kenakan harga BBM," ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito.

Dengan kenaikan ini maka harga Pertamax untuk wilayah DKI Jakarta Rp 9.500/liter, sementara Pertamax Turbo Rp 10.700/ liter. Sedangkan untuk Dex Series, ditetapkan harga Pertamina Dex Rp 10.500/liter, dan Dexlite Rp 9.000/liter. Ini artinya, rata-rata kenaikan harga BBM non subsidi mencapai Rp 600 per liter.

Meski di Jakarta mengalami kenaikan harga, namun sejumlah daerah justru harga BBM diturunkan. Tercatat, Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Gorontalo menjadi daerah yang menikmati penurunan harga guna menyesuaikan daya beli masyarakat. Sebagai contoh di Maluku dan Papua, harga Pertamax diturunkan menjadi Rp 9.700/liter.

“Penyesuaian harga ini juga dalam rangka Pertamina tetap bisa bertahan untuk menyediaakan BBM dengan pasokan yang cukup sesuai kebutuhan secara terus menerus sehingga tidak mengganggu konsumen dalam beraktifitas sehari-hari dimanapun,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar