Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mazda Rakit Mobil di Indonesia dalam Waktu Dekat, Sudah Survei Tempat!

Berita Otomotif

Mazda Rakit Mobil di Indonesia dalam Waktu Dekat, Sudah Survei Tempat!

JAKARTA – Bersiaplah melihat mobil Mazda rakitan Indonesia dalam waktu yang tak terlalu lama lagi.

Managing Director PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio mengungkapkan bahwa Mazda bersiap melakukan perakitan lokal ‘dalam waktu yang sangat-sangat dekat’.

Seperti rencana awal, aktivitas tersebut bakal dilakukan dengan menggandeng pabrik independen milik pihak ketiga.

“Kami sekarang sudah dalam tahap bolak-balik survei tempatnya,” beber dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai Media Gathering pada Selasa (3/5/2023) di Jakarta.

Mazda6

Mazda Motor Corporation (MMC) selaku prinsipal dan EMI sebagai distributor resmi, lanjut Ricky, juga sedang memperhitungkan besaran investasi yang mereka butuhkan. Di antaranya terkait dengan alat-alat produksi.

“Ada peralatan-peralatan khusus, peralatan-peralatan spesial, dan semacamnya. Ini yang kami lagi persiapkan. Bukan dari sisi uangnya saja, tapi juga dari sisi dari mana (didatangkannya), lead time (waktu kirim) seperti apa, dan lain-lain,” papar dia.

Sayangnya, Ricky belum mau mengungkapkan rekanan Mazda untuk melakukan perakitan mobil di Tanah Air. Ia hanya mengklaim bahwa korporasi mitra mereka merupakan ‘salah satu yang terbaik’ di bidangnya.

Ricky juga belum mau membuka identitas model yang nantinya dirakit lokal. Jika dilihat dari skala ekonomi, Mazda CX-3 saat ini menjadi model terlaris di Indonesia.

Lantas, apakah CX-3 yang akan dirakit lokal terlebih dahulu?

Mazda

“Logika kamu cengli, sih. Tapi, saya tidak bisa ngomong. Secara skala ekonomi, benar, ke sana. Tapi, saya belum bisa ngomong modelnya apa. Nanti mendahului yang di Jepang sana (prinsipal). Tidak enak saya,” jelasnya.

Mazda sendiri menjual banyak model lain, di samping CX-3. Lainnya ialah Mazda2 hatchback, Mazda2 sedan, Mazda3 hatchback, Mazda3 sedan, Mazda6 estate, Mazda6 sedan, Mazda CX-30, Mazda CX-5, Mazda CX-8, Mazda CX-9, hingga Mazda MX-5 RF.

Mazda, per Januari-Maret 2023, merupakan merek mobil terlaris ke-11 di Indonesia dengan raihan penjualan retail 1.098 unit—meroket 191 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Namun, selisihnya dengan peringkat ke-10 yaitu sangat jauh karena merek mobil asal China ini membukukan hasil 5.366 unit. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang