Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mazda: Kami Pasti Akan Rakit Mobil di Indonesia

Berita Otomotif

Mazda: Kami Pasti Akan Rakit Mobil di Indonesia

JAKARTA – Mazda menegaskan bahwa pihaknya pasti akan melakukan perakitan lokal di Indonesia pada masa depan.

Ricky Thio, Managing Director PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI), mengulangi kembali rencana perakitan lokal di Indonesia. Bahkan, ia mengakui pihaknya pasti melakukan produksi di Indonesia demi bisa berkompetisi lebih baik di masa mendatang.

“Iya, kami aware (sadar), kok,” ucapnya menjawab pertanyaan Mobil123.com usai peluncuran Mazda CX-30 pada Selasa (28/1/2020) di Jakarta.

Rencana ini sendiri pertama kali dibeberkan oleh EMI sebagai distributor resmi pada April 2019. Ketika itu, eksekutif mereka menjelaskan bahwa opsinya adalah membangun pabrik sendiri di Tanah Air atau melakukan perakitan lokal dengan memanfaatkan fasilitas pabrik milik pihak lain.

Ricky Thio sendiri tidak bisa menjelaskan secara merinci bagaimana kemajuan diskusi rencana ini antara mereka dengan Mazda Motor Corporation. Ia hanya menjelaskan bahwa studi terus berlanjut.

“Terus kita bicarakan. Memang ini tidak mudah. Bukan sesuatu yang bisa kami kerjakan dalam semalam. Tapi, kami terus melakukan evaluasi dan menyelidiki supaya bisa juga melakukan produksi lokal atau minimal perakitan lokak seperti itu. Tunggu tanggal mainnya,” tandas dia.

EMI menjadi distributor resmi sejak 2016. Sebelum itu, merek tersebut menjamah pasar Indonesia dengan cara turun langsung melalui PT. Mazda Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek.

Eurokars Group, induk perusahaan EMI, dikenal sebagai perusahaan yang berpengalaman menangani merek-merek premium. Mereka menjadi distributor resmi Porsche dan merupakan salah satu mitra dealer BMW di Nusantara.

Lebih lanjut, Ricky memaparkan bahwa banyak aspek yang mesti mereka pikirkan dengan matang dalam studi perakitan lokal. Volume penjualan merupakan satu dari banyak faktor yang masuk dalam pertimbangan.

Namun, Mazda menurut Ricky cukup beruntung karena fokus mereka sekarang dan di masa depan adalah pengembangan model-model SUV. Segmen ini menjadi tren di pasar global termasuk Indonesia.

“(Model) enggak ada masalah,” tandasnya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang