Masyarakat Ternyata Puas Terhadap Kinerja Polri

Berita Otomotif

Masyarakat Ternyata Puas Terhadap Kinerja Polri

JAKARTA – Indeks Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kepolisian Indonesia rupanya terbilang tinggi.

Hal ini terlihat dari hasil survei Persepsi Masyarakat Terhadap Polri yang dilakukan oleh MarkPlus Inc. Dalam studi tersebut disampaikan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri khususnya di luar pulau Jawa terbilang tinggi.

Tercatat, terdapat 110 Polres dan 1 Polda yang memiliki indeks kepuasan diatas 90% di mana mayoritas berada di luar Pulau Jawa. Terdapat 191 Polres dan 6 Polda yang memiliki indeks kepercayaan diatas 90% dan kebanyakan berada di luar Pulau Jawa. Sebagian besar Polda dan Polres memiliki nilai di atas indeks kepuasan nasional (76,46%) dan nilai di atas indeks kepercayaan nasional (80,37%).

Sejumlah Polres dan Polda di luar Jawa yang mencapai indeks kepuasan dan kepercayaan di atas 90% menunjukkan sangat baiknya hubungan antara polisi dan masyarakat. Sehingga masyarakat ini cenderung lebih mudah mengapresiasi sejumlah hal positif yang dilakukan Polri.

Namun hasil ini tentunya masih bisa ditingkatkan lagi khususnya untuk Polres dan Polda di pulau Jawa. Hal ini disampaikan oleh Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MarkPlus, Inc di sela-sela pemaparan hasil survei.

“Jadi kalau di luar pulau Jawa,ekspektasi masyarakat lebih rendah jadi mereka lebih mudah merasa puas. Sementara di jawa ekspektasinya cukup tinggi jadi lebih sulit tercapai tingkat indeks kepuasannya,” ungkapnya.

Kondisi ini masih bisa diperbaiki dengan beragam metode mulai dari peningkatan jumlah Polisi yang melayani masyarakat hingga digunakannya teknologi. Dengan demikian layanan pun dapat semakin meningkat.

“Ada masyarakat yang menilai kepuasannya bahkan dari sebelum dilayani. Misalnya mencari parkir saat membuat SIM terbilang sulit atau jumlah antrian yang panjang. Kondisi ini membuat mereka merasa kurang puas terhadap pelayanan. Padahal saat dilayani prosesnya terbilang cepat,” tambahnya. [Adi/Ari]

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar