Tol Merak - Surabaya Tersambung, Polisi Ingatkan Pengemudi untuk Beristirahat

Berita Otomotif

Tol Merak - Surabaya Tersambung, Polisi Ingatkan Pengemudi untuk Beristirahat

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia mengingatkan pengguna jalan tol Merak-Surabaya untuk tetap beristirahat saat berkendara di libur Natal dan Tahun Baru.

Dengan tersambungnya jalan tol Merak - Surabaya, maka waktu tempuh kendaraan kini hanya 15 jam. Namun waktu tersebut disebut bila kecepatan berkendara terjaga dan hampir tidak melakukan istirahat sama sekali.

“Kami berpesan ke semua pihak manakala lelah dan capek harus istirahat. Perhitungkan jarak tempuh yang sangat jauh itu, jangan memburu kecepatan, jaga keselamatan untuk semuanya. Apa lagi kalau berangkat dari merak, sampai semarang, sampai surabaya itu sudah 850 km lebih. Kalau mereka mengejar itu sampai 15 jam itu luar biasa kecepatannya,” ungkap Irjen Pol Refdi Andri, Kakorlantas Polri.

Ia juga mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan asosiasi rest area. Menurutnya, rest area sudah mempersiapkan diri dengan demikian para pengguna tol dapat beristirahat dengan lebih baik dan aman.

“Kami juga menghimbau agar pengguna rest area dapat beristirahat secukupkan. Makan dan minumlah secukupnya, jadi tidak berlama-lama di rest area karena banyak yang ingin masuk ke lokasi tersebut,” tambahnya.

Diharapkan dengan tidak ada pengguna jalan tol yang terlalu lama beristirahat, rest area akan menjadi lebih kosong. Dengan demikian kemungkinan pengguna jalan yang beristirahat di bahu jalan akan berkurang, meningkatkan keselamatan berkendara dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan tol. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar