Masih Pelajari Geliat Pasar, Ini Kata Suzuki Soal Kehadiran S-Presso di Indonesia

Berita Otomotif

Masih Pelajari Geliat Pasar, Ini Kata Suzuki Soal Kehadiran S-Presso di Indonesia

TANGERANG - Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) mobil di Indonesia telah meluncurkan model-model kompak SUV. Hal ini kemudian mengundang pertanyaan apakah Suzuki juga akan mengeluarkan model di segmen ini.

Pertanyaan ini dianggap wajar mengingat nama Suzuki di industri otomotif Indonesia tidak bisa disepelekan. Apalagi kalau bicara model kompak SUV, jenama asal Jepang ini punya S-Presso.

Suzuki S-Presso sendiri telah mengawali eksistensinya di India pada September 2019 silam dan dibangun menggunakan platform HEARTECT, sama seperti Baleno, Ertiga, dan XL7 gunakan.

Rumor kehadiran mobil ini semakin berembus kencang sejak nama S-Presso muncul di data Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor permohonan DID2021020609 per 25 Maret 2021. 

Di India, Maruti Suzuki membekali S-Presso dengan mesin bensin 1.0 L 3 silinder K10B. Mesin ini diklaim mampu hasilkan tenaga sebesar 67 hp @ 5.500 rpm dan torsi maksimum 90 Nm @ 3.500 rpm.

Melihat performanya di atas kertas, rasanya memang tak bisa dielakkan lagi bahwa S-Presso pantas menjadi lawan SUV kompak yang sudah beredar di Tanah Air sekarang ini.

Tidak Menampik Kehadiran S-Presso

Donny Saputra, selaku 4W Head Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)  mencoba menjelaskan bahwa pihaknya masih mempelajari keadaan pasar terutama di segmen SUV kompak.

"Pertama saya sebut ini segmen mobil dua baris, ya, jadi bukan hanya kompak SUV saja, meskipun memang ada perkembangan (pangsa pasarnya, Red.) tapi kami masih harus melihat ke depannya bagaimana," katanya saat ditanya Mobil123 di GIIAS, Jumat (12/11/2021}.

Menurutnya, dari beberapa faktor yang dapat menimbulkan konstraksi pasar, ranah produsen ada pada memunculkan varian-varian atau model-model mobil baru.

"Ya, memang harus ada (varian dan model baru) tapi tidak hanya di SUV kompak saja," kata pria berkacamata itu.

"Jadi bukan berarti orang Indonesia sekarang suka SUV kompak, majority masih mobil tiga baris," imbuhnya.

Kendati demikian, dirinya pun kemudian tidak bisa menampik kemungkinan kehadiran S-Presso di Indonesia.

"Ya, pastilah kita akan ke situ (segmen SUV kompak), kan, kita  ada S-Presso, tapi tunggu tanggal mainnya saja," tutup Donny.

Kehadiran S-Presso akan meramaikan segmen SUV kompak yang telah dihuni Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, Renault Kiger, hingga Kia Sonet. (Dms)




Berita Utama


Komentar