Maserati Alfieri Bertenaga Listrik Mulai Dijual 2020

Mobil Baru

Maserati Alfieri Bertenaga Listrik Mulai Dijual 2020

MODENA – Maserti memastikan akan menghadirkan sports car 2 tempat duduk bertenaga listrik pertamanya pada tahun 2020.

Pabrikan asal Italia ini sepertinya serius mengembangkankan bakal calon sports car bertenaga listrik pertama mereka lewat Maserati Alfieri. Versi ini akan mendampingi varian bermesin konvensional berkonfigurasi V6.

Maserati Alfieri sendiri pertama kali diperkenalkan sebagai kendaraan konsep pada Geneva Motor Show 2014. Menurut GM Maserati Eropa, Peter Danton, mobil terbarunya kelak akan menjadi kompetitor bagi Porsche 911. 

“Mobil ini akan memiliki kemampuan terbaik di kelasnya dan akan dari sisi ukuran mungkin sedikit lebih besar dari Jaguar F-Type,” jelas Danton.

Versi bensin dari Maserati Alfieri akan dijual lebih dulu dari versi mesin listrik yakni pada tahun 2019. Pada awalnya mesin bensin berkonfigurasi V-8 yang dipilih namun setelah mempertimbangkan persyartan lingkungan akhirnya digunakan mesin V-6 dengan kapasitas lebih kecil. 

Tepat setahun setelahnya baru Maserati Alfieri versi listrik diluncurkan. Sampai berita ini dibuat, belum ada keterangan resmi tentang spesifikasi dari sports car elektrik ini. Namun mengingat silsilah dari Maserati, semua pihak berharap performanya bakal luar biasa dengan daya tahan terbaik, mudah-mudahan keberadaannya tidak mengecewakan para penggemar fanatik.

Yang paling menarik dari langkah Maserti meluncurkan sports car bertenaga listrik adalah sedikit berseberangan dengan bos besar mereka. Seperti kita ketahui, Maserati berada di bawah Fiat Group dan sang CEO Sergio Marchionne pernah mengungkapkan seperti kurang berminat pada mobil bermesin listrik.

“Saya tidak tahun bagaimana membuat mobil yang sangat ekonomis (seperti Tesla),” kata Marchionne pada Car Magazine. 

Dari sini mungkin ada pengubahan kebijakan. Keuntungan Elon Musk bersama Tesla mungkin membuat banyak pabrikan membuka matanya, termasuk Maserati dan Fiat Group pada umumnya.

Bayangkan, sudah ada 400 ribu pre-order mobil listrik Tesla hingga saat ini. Ini juga sepertinya yang membuat VW Group asal Jerman berminat untuk alih teknologi. Mesin diesel VW yang juga sedang dirudung masalah bakal dikesampingkan, mesin listik akan digunakan untuk menatap masa depan lebih baik. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual