Lomba Irit BBM Volvo Truck Kembali Digelar

Berita Otomotif

Lomba Irit BBM Volvo Truck Kembali Digelar

PEKANBARU – Volvo Trucks kembali menggelar kompetisi bagi para pengemudi truk bertajuk ‘Volvo Fuelwatch Challenge 2017’.

Kompetisi ini yang kedelapan kalinya digelar di Indonesia ini juga digelar di dunia. Peserta kompetisi ini akan disaring pada 27 Februari hingga Mei 2017 sebagai upaya mencari pengemudi paling irit bahan bakar dan memiliki pengetahuan di bidang truk.    

Volvo Fuelwatch Challenge bertujuan untuk mendidik pengemudi dan para pelanggan tentang pentingnya praktik mengemudi yang baik untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Dengan konsumsi bahan bakar yang efisien, konsumen dapat mengurangi biaya operasional sehingga dapat meningkatkan keuntungan para pelanggan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keselamatan.  

"Mengamati harga bahan bakar yang cukup tinggi dalam beberapa bulan terakhir, kami memperkirakan dengan berkurangnya pasokan bahan bakar fosil. Harga bahan bakar akan meningkat dari waktu ke waktu dan hal ini akan menjadi beban berat bagi banyak perusahaan pengangkutan serta mempengaruhi pendapatan bisnis mereka. Dengan demikian, konsep Fuelwatch diciptakan sebagai patokan untuk membantu para pelanggan kami mengatasi masalah ini dengan mengajar dan mendorong pengemudi truk perusahaan untuk mengadopsi cara mengemudi yang lebih efisien,” tutur Valery Muyard, Presiden Direktur, Volvo Trucks Indonesia.

Fuelwatch Challenge telah menjadi semakin populer dan telah terbukti dengan lebih dari 200 pengemudi truk yang turut berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini. Kompetisi ini terdiri dari latihan konsep-konsep dasar seperti optimasi truk dan pemeliharaan, efisiensi bahan bakar dan teknik aman berkendara.

Kompetisi ini sendiri memiliki beberapa tantangan yang terdiri dari tes teori di putaran awal yang akan diadakan di sepuluh lokasi pelanggan Volvo Trucks di seluruh Indonesia. Para pemenang kemudian akan bersaing dalam tantangan mengemudi yang dipraktekan secara langsung di ajang semi-final di Jakarta.

Sepuluh driver yang terpilih lolos ke babak final nasional akan menjalani pelatihan untuk mempertajam keterampilan dan pengetahuan mereka mengenai metode mengemudi yang tepat, cara untuk menghemat keterampilan bahan bakar dan keselamatan.  Pemenang putaran tersebut atau pemegang peringkat tertinggi akan lanjut untuk bersaing mendapatkan gelar juara akhir di Swedia pada September mendatang.

“Program Fuelwatch Challenge ini adalah upaya dan komitmen perusahaan dalam pelayanan penjualan truk untuk mendukung industri truk di Indonesia. Melalui platform ini kami berfokus pada penggunaan bahan bakar yang ekonomis serta perilaku mengemudi yang baik,” tambah Valery.

Training dan Tes Teori

Sebelum pelaksanaan Fuelwatch Challenge di sepuluh lokasi pelanggan pada putaran awal, Volvo Truck Indonesia akan mengadakan pelatihan guna mendorong para pengendara untuk langsung mendaftar serta berpartisipasi di masing-masing lokasi kerjanya. Peserta yang lolos pada tes tertulis di putaran awal akan maju ke putaran final nasional.

"Dengan banyaknya wajah-wajah tidak asing yang kembali setiap tahunnya, kami berusaha untuk meningkatkan standar pada setiap kompetisi. Tahun ini, pertanyaan-pertanyaan yang diuji lebih fokus terhadap kemampuan dan pengalaman dari setiap pengemudi dalam pekerjaannya sehari-hari. Hal ini untuk memastikan bahwa ‘Fuelwatch Challenge’ yang diadakan akan selalu lebih baik setiap tahunnya, sehingga kita dapat meningkatkan keterampilan pengemudi dan menemukan yang terbaik di antara yang terbaik," tutur Budi Nurmansyah, Driver Trainer Volvo Trucks Indonesia.  [Amo/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support