Lebih Dari 1 juta Kendaraan Lewati Tol Cipali Saat Arus Mudik

Berita Otomotif

Lebih Dari 1 juta Kendaraan Lewati Tol Cipali Saat Arus Mudik

JAKARTA -  Jalur Pantura (pantai utara) Jawa kini bukan satu-satunya pilihan untuk mereka yang hendak mudik ke kota-kota besar di utara pulau Jawa.

Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) telah menjadi pilihan baru untuk para pemudik untuk mudi khususnya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada musim Lebaran 2015, volume lalu lintas arus mudik di Tol Cipali melonjak hingga lebih dari 4 kali lipat saat posisi puncak.

Gelombang arus mudik mulai terlihat pada H-7 Lebaran (10 Juli). Tercatat 27.313 kendaraan masuk melalui gerbang tol Cikopo arah palimanan. Puncaknya terjadi pada H-2 Lebaran (15 Juli) yang dimasuki oleh 63.872 kendaraan atau 4 kali lipat dibanding kondisi normal.

Tingginya volume kendaraan dari Jakarta menuju Palimanan terus terjadi hingga H+2 Lebaran (19 Juli) yang mencapai 25.567 kendaraan. Total arus mudik yang masuk melalui gerbang tol Cikopo ke arah Palimanan dari H-7 (10 Juli) hingga H+9 (26 Juli) tercatat lebih dari 540.000 kendaraan.

Sementara itu, gelombang arus balik terjadi 2 kali. Gelombang pertama terjadi pada H+2 Lebaran hingga H+5 Lebaran (22 Juli) atau bertepatan dengan berakhirnya cuti bersama. Gelombang kedua terjadi pada H+7 (24 Juli) hingga H+9 (26 Juli). Gelombang kedua ini diperkirakan dipadati oleh mereka yang mulai beraktivitas pada hari Senin, 27 Juli.

Pada hari pertama gelombang pertama, ada 32.500 kendaraan yang masuk tol Cipali menuju arah Jakarta. Jumlah ini 2 kali lebih besar ketimbang kondisi normal. Namun kepadatan arus balik terjadi secara cukup merata sejak H+3 hingga H+7  dengan kisaran volume jumlah kendaraan rata-rata 50.000 unit per hari. Posisi puncak arus balik terjadi pada H+5 (Rabu, 22 Juli 2015) yaitu sebanyak 56.022 kendaraan atau hampir empat kali lipat dibandingkan kondisi normal.

Sementara total arus balik yang keluar di gerbang tol Cikopo ke arah Jakarta selama periode 8 hari, dari H-7 (10 Juli) sampai dengan H+9 (26 Juli) diperkirakan setara dengan jumlah volume kendaraan saat Arus Mudik.

Total volume kendaraan yang melewati Tol Cipali selama masa Mudik Lebaran tahun ini – baik arus mudik maupun arus balik – dari H-7 (10 Juli) sampai dengan H+9 (26 Juli) mencapai lebih dari 1 juta kendaraan.

Selama musim mudik ini, kepadatan dan antrian di gerbang Tol Cikopo dan Palimanan terjadi ketika ekor kemacetan dari ruas jalan tol lainnya tersambung dengan gerbang tol Cipali. Hal ini merupakan konsekuensi dari saling terkoneksinya beberapa jaringan jalan tol, khususnya Palikanci – Cipali – Jakarta-Cikampek – Cipularang.

Antrian yang saling menyambung tersebut terjadi saat H-2 (ekor antrian tol Palikanci bersambung dengan antrian di gerbang Palimanan) dan selama 3 hari antara H+3 dan H+5 (ekor antrian tol Jakarta-Cikampek bersambung dengan gerbang tol Cikopo). [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual