Land Rover Geram Evoque Dijiplak di China

Berita Otomotif

Land Rover Geram Evoque Dijiplak di China

LONDON - Tidak sedikit produsen mobil asal China sering mencontek desain merek-merek lain. Land Rover pun kecewa akan hal itu. Brand ikonik asal Inggris tersebut 'ngadu' kepada pejabat China terkait hal ini.

CEO Land Rover Dr Ralf Speth kepada Autocar mengatakan bahwa dia akan berbicara kepada pejabat China mengenai apa yang Ia anggap sebagai pencurian kekayaan intelektual yang dilakukan oleh produsen lokal.

Sebuah mobil bernama LandWind X7 SUV diluncurkan di Guangzhou Motor Show dengan tampilan yang cukup mirip dengan Range Rover Evoque. Mesinnya 2.0 liter dengan turbo berkekuatan 188 bhp.

Namun, hanya tampangnya saja yang mirip. Untuk harga, produk lokal itu jauh lebih murah dibanding Range Rover Evoque. Bila di China Evoque dilepas dengan harga 40.000 pounds, Landwind X7 SUV dilepas dengan harga kurang dari setengahnya, 14.000 pounds.

"Fakta bahwa pencontekan sedang berlangsung di China sangat mengecewakan," kata Speth.

Padahal hal itu tidak semestinya terjadi dan kekayaan intelektual haruslah dijaga.

"Sebagai perusahaan kami telah banyak berinvestasi di Cina dengan mitra usaha patungan kami Chery. Komitmen itu didasarkan pada rencana bisnis yang jelas, yang memungkinkan kami untuk mencapai target penjualan kami dengan harga yang jelas," lanjutnya.

"Saya akan berbicara dengan pejabat berwenang dan saya akan berbicara dengan mitra kami di Chery untuk menemukan jalan keluar situasi ini. Aku tidak bisa membayangkan para pejabat China akan senang pada setiap tindakan yang merusak kredibilitas negara. Apa yang telah kita lihat saat ini adalah tidak benar," lugasnya.

Landwind sendiri adalah produsen mobil China yang merupakan hasil patungan antara Changan Auto dan Jiangling Motors Corporation.

Changan Auto dianggap sebagai salah satu dari empat besar produsen mobil China yang memproduksi dua juta mobil per tahun dan bekerja di usaha patungan lainnya perusahaan internasional seperti Ford, PSA Peugeot Citroen dan Suzuki.

Sebelumnya, perusahaan ini juga telah menjadi berita utama ketika menjual Landwind CV9, sebuah mobil yang mengambil inspirasi desain yang jelas dari Vauxhall Frontera dan sempat dijual di Eropa. Tapi ketika lembaga tes kecelakaan Euro NCAP memberikan penilaian buruk, mereka terpaksa melakukan pengunduran diri dari penjualan di benua biru. [Syu/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support