Kunci Kenyamanan Mitsubishi Xpander untuk Adventure Keluarga yang Jarang Diungkap

Berita Otomotif

Kunci Kenyamanan Mitsubishi Xpander untuk Adventure Keluarga yang Jarang Diungkap

JAKARTA - Ini adalah salah satu kunci mengapa Mitsubishi Xpander disebut cocok untuk adventure keluarga Indonesia khususnya di era new normal.

Di kelas low MPV, Mitsubishi Xpander tiba-tiba menjadi primadona baru saat pertama kali diluncurkan pada Agustus 2017. Sebagai new kid on the block, mobil dengan tagline Your Next Generation MPV ini berhasil membius keluarga Indonesia melalui tampilan, kenyamanan, keamanan hingga performa.

Mobil123.com sudah beberapa kali melakukan perjalanan baik dalam maupun luar kota menggunakan Mitsubishi Xpander. Salah satu catatan menarik yang bisa dipetik adalah dari sisi stabilitas pengedaraan serta kenyamanan kabin.

Pereli nasional Rifat Sungkar beberapa kali mengungkapkan rahasia keunggulan Xpander dari sisi stabilitas dan kenyamanan kabin pada Mobil123.com. Pertama kali saat ia melakukan pengujian di fasilitas R&D Center Mitsubishi Motor di Okazaki, Aichi, Nagoya Plant, Jepang. Hingga baru-baru ini saat berhasil meramu Xpander menjadi mobil rally Xpander AP4

Dan ternyata rancang bangun dari mobil ini punya peran besar. Rifat mengatakan bahwa salah satu kunci dari keunggulan Xpander terletak pada wheel track atau jarak antara lebar kendaraan yang biasa dihitung dari sumbu roda kanan dan roda kiri. Menurutnya dengan lebar wheel track memadai memberikan beragam keuntungan, baik dari kabin yang lapang hingga stabilitas terbaik.

rahasia kenyamanan XPander yang jarang diungkap
Sebagai gambaran, Xpander mempunyai dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.695 mm. Menurut Rifat, wheel track Xpander ada di angka 1.700 mm hingga 1.720 mm. Ini tentunya membuat rasio lebar dan tinggi mendekati sedan artinya proporsi mobil lebih lebar jika dibandingkan tingginya.

"Dari lebar wheel track tentunya berimbas pada ruang kabin yang lebih lega dan juga pastinya dari stabilitas saat dikendarai," jelas Rifat.

rahasia kenyamanan XPander yang jarang diungkap
Lapangnya interior Xpander bisa Anda langsung buktikan sendiri. Secara umum ruang kabin bisa mengakomodir kebutuhan keluarga baik mengangkut penumpang maupun membawa barang. Intinya tidak ada masalah jika 7 penumpang dewasa untuk mendapatkan posisi terbaik pada semua tempat duduk khususnya baris ketiga.

Selain lapang, interior Xpander juga tergolong ergonomis, fleksibel untuk membawa barang bawaan sesuai dengan kebutuhan penumpang. Ini menjadi nilai tambah saat Anda melakukan adventure atau perjalanan jauh seperti berlibur dengan keluarga.

Dari sisi stabilitas, keuntungan lain dari Wheel track lebar adalah handling mobil yang mantap dalam berbagai kondisi pengendaraan. Hal ini diakui Rifat, menurutnya para engineer Mitsubishi berhasil menemukan formula terbaik pada Xpander berikut pada setting suspensinya.

"Wheel track lebar kemudian dikombinasikan dengan setting suspensi soft otomatis menghadirkan nilai positif pada handling. Boleh dibilang feeling mengemudinya sama presisinya dengan mobil kelas sedan. Intinya mobil bisa mudah dikendalikan, saat cukup agresif body sama sekali tidak ngebuang. Versi reguler yang sudah punya wheel track lebar saya perlebar lagi pada Xpander AP4. Tujuannya tentu agar stabilitasnya dapat lebih maksimal karena untuk kebutuhan balap. Pada AP4 wheel track mencapai 1.820 mm," kata Rifat.

rahasia kenyamanan XPander yang jarang diungkap

Pada titik ini Mobil123.com juga telah beberapa kali membuktikannya. Saat berkendara dengan Xpander dalam beragam kondisi, praktis tidak ada gejala negatif seperti body roll atau limbung yang berarti terutama ketika melakukan manuver. Feeling positif kemudi terhadap jalan patut diacungi jempol, jika mengutip perkataan Rifat "sama presisinya dengan mobil kelas sedan".  

Kesimpulan yang dapat diambil adalah Xpander memiliki karakter suspensi medium dengan setting cenderung soft. Racikan menarik antara lebar wheel track dengan setting suspensi ini membuat Xpander mantap saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi dan tetap nyaman ketika digunakan pada jalan rusak juga bergelombang.

Sebagai perbandingan, kompetitor besar Xpander, pelopor kelas low MPV memiliki dimensi panjang 4.190, lebar 1.660 dan tinggi 1.690 mm. Dengan proporsi lebih tinggi dibandingkan lebarnya, tidak heran jika banyak keluhan soal bodyroll atau limbung pada mobil ini.

Dan tak hanya mengandalkan rancang bangun, Xpander juga dilengkapii fitur Active Stability Control (ASC) sebagai penjaga stabilitas. Fitur ini otomatis bekerja mengontrol laju mobil dalam kondisi tertentu.

Kombinasi mantap dikemudikan dan nyaman untuk berpergian dengan Xpander merupakan win-win solusion bagi pengemudi serta penumpang. Dan lagi-lagi, ini tentunya menjadi toleransi terbaik saat Anda melakukan adventure bersama keluarga. [Ari] 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar