Mitsubishi Indonesia Kasih Bocoran Pertama Soal Xpander Hybrid

Berita Otomotif

Mitsubishi Indonesia Kasih Bocoran Pertama Soal Xpander Hybrid

JAKARTA – Mitsubishi Indonesia baru mau membagi sedikit sekali informasi mengenai Xpander hybrid, yang masuk dalam rencana produk global merek tersebut di masa depan. Hanya ada sekelumit keterangan dari mereka terkait dengan pengembangannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada Senin (27/7/2020) kemarin mengumumkan rencana bisnis global sampai tahun fiskal 2022 (Maret 2023). Namun, yang menarik, mereka juga menjelaskan bahwa pada tahun fiskal 2023 (antara April 2023 – Maret 2024), ada rencana merilis Xpander terbaru, termasuk Xpander hybrid.

Tidak dijelaskan lebih rinci mengenai waktu peluncuran. Demikian pula mengenai negara mana yang mendapatkannya lebih dulu. Agen pemegang merek Mitsubishi di Indonesia pun tak ingin mengomentari pertanyaan tersebut, ketika Mobil123.com hubungi.

“Untuk saat ini Mitsubishi Motors (MMC) belum bisa memberikan komentar terkait hal tersebut. Apabila ada informasi terbaru, pasti kami akan segera memberitahukannya kepada rekan-rekan media,” ucap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melalui keterangan tertulis untuk menanggapi pertanyaan Mobil123.com pada Selasa (28/7/2020).

Meski demikian, ada informasi lain yang ia berikan. Nakamura menegaskan bahwa model tersebut adalah kendaraan hybrid pertama yang mereka kembangkan sendiri. Nissan dan Renault, dua anggota aliansi, tidak turut campur dalam riset dan pengembangannya.

“Ini akan menjadi kendaraan HEV pertama yang akan MMC kembangkan sendiri,” tandasnya.

Hybrid menjadi pilihan karena menjadi teknologi mobil ramah lingkungan yang mampu menyediakan harga jual lebih rendah dibandingkan plug-in hybrid maupun mobil listrik murni. Ini sesuai dengan konsep maupun target konsumen dari Xpander.

“Xpander merupakan kendaraan MPV dengan target konsumen yang beragam, sehingga kami ingin menyediakan produk yang terjangkau,” jelas Nakamura lagi.

Xpander adalah multi purpose vehicle (MPV) berdesain amat menyerupai sport utility vehicle (SUV) yang menjalani debut global di Indonesia pada 10 Agustus 2017. Kendaraan ini sudah diproduksi lokal di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi dan diekspor ke berbagai negara.

Respons pasar Tanah Air saat model itu pertama kali meluncur sangat jauh melebihi ekspektasi sang pabrikan. Karenanya, inden sempat mengular hingga mencapai setengah tahun dan Xpander mampu menorehkan rekor penjualan 100 ribu unit hanya dalam 18 bulan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar