Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kuat Tahan Panas, Kaca Film Wincos Sampai Dipakai di Mobil Balap

Berita Otomotif

Kuat Tahan Panas, Kaca Film Wincos Sampai Dipakai di Mobil Balap

TANGERANG – Kaca film Wincos digunakan oleh tim Honda Racing Indonesia berkat keunggulannya yang kuat menahan panas dari luar.

Kaca film Wincos digunakan di mobil-mobil balap Honda Racing Indonesia di Kejurnas ISSOM (Kejuaraan Nasional Indonesia Sentul Series of Motorsport) sejak 2020.

President and CEO PT Lintec Jakarta Yuji Arai mengatakan kemampuan produk ini menahan panas walaupun dengan tingkat kegelapan 0 persen membuatnya bisa diaplikasikan tak hanya di mobil biasa, tapi juga mobil balap.

Hal ini, menurutnya, terjadi karena tiga faktor. Pertama adalah release liner kaca film Wincos yang sangat flat (datar), bahan adhesif yang sangat jernih dan flat, maupun teknologi coating infra red mereka.

“Coating infra red kami tingkatkan untuk mendapatkan hasil yang sangat-sangat jernih,” kata dia dalam Talk Show di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, 10-20 Agustus di Serpong, Tangerang.

Kaca Film Wincos

Wincos sendiri merupakan produk kaca film asal Jepang. Di ‘Negeri Matahari Terbit’, mereka menjadi pemimpin pasar kaca film dengan pangsa pasar antara 70-80 persen.

“Di Indonesia, kami masih memiliki tugas untuk lebih banyak memperkenalkan diri. Pangsa pasar kami di sini sekarang di bawah 5 persen. Tapi, sejak digunakan oleh Honda Racing Indonesia dan di tujuh model Honda, pelan-pelan penguasaan pasar kami naik. Target kami adalah menguasai 30 persen pasar kaca film Indonesia lima tahun dari sekarang,” papar Arai.

Lebih lanjut, Arai mengatakan kalau pengalaman mereka di dunia balap Tanah Air beberapa tahun belakang juga dimanfaatkan untuk riset dan pengembangan (research and development/R&D).

“Masukan-masukan dari para pembalap kami gunakan dan infokan kepada tim R&D untuk mengembangkan kaca film yang lebih tahan panas karena kondisi di balapan, kan, ekstrem sekali,” tandasnya.

Kaca Film Wincos

Director Honda Racing Indonesia Alvin Bahar mengatakan kaca film Wincos memiliki peran yang amat vital dalam mendukung performa pembalap-pembalap mereka. Pasalnya, mobil balap tidak memiliki fitur pendingin udara (air conditioner/AC).

Selain itu, pebalap perlu mengenakan baju balap yang cukup tebal plus helm. Balapan pun kerap dilakukan di siang hari.

“Kami ingin kaca film yang bisa klir tapi memiliki kemampuan menolak panas yang cukup tinggi,” tandasnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang