Kuartal I 2015, Pertamina Keruk Laba Bersih Rp 364,2 Miliar

Berita Otomotif

Kuartal I 2015, Pertamina Keruk Laba Bersih Rp 364,2 Miliar

JAKARTA – Meski industri minyak dan gas bumi (migas) tengah lesu, namun kuartal pertama berhasil ditutup dengan hasil positif dari PT Pertamina (Persero).

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan kondisi keuangan perusahaan dalam periode tiga bulan pertama 2015 terus menguat. Pendapatan perusahaan tercatat sebesar US$10,67 miliar, dengan EBITDA US$1,25 miliar dan laba bersih US$28 juta atau setara dengan Rp 364,2 miliar.

Pertamina mencatat produksi minyak sebesar 248,4 MBOPD dan 1,63 BSFD sehingga total produksi migas perusahaan dalam kuartal 1 2015. Produksi ini diharapkan akan meningkat seiring dengan peningkatan produksi minyak dari Blok Cepu, dimana Pertamina melalui anak perusahaan PT Pertamina EP Cepu menguasai hak partisipasi sebesar 45%.

Adapun, kinerja bisnis transportasi dan niaga gas juga menunjukkan tren meningkat. Transportasi gas perusahaan mencapai 1.414 MMscfd, sedangkan niaga gas 114,5 MMscfd, yang utamanya dipicu oleh beroperasinya fasilitas regasifikasi Arun dan pipa transmisi Arun-Belawan.

Bisnis sektor hilir minyak juga positif dengan sokongan utama pada pertumbuhan penjualan BBM non subsidi dan pelumas. Penyelesaian proyek Residual Fuel Catalytic Cracker Cilacap serta upgrading unit produksi pelumas pada kuartal 3 2015 diharapkan dapat mendorong penjualan produk minyak non subsidi terus meningkat.

Pertamina juga berhasil melakukan efisiensi dengan nilai total sebesar US$95,95 juta. Efisiensi tersebut diperoleh dari renegosiasi kontrak pengadaan minyak sebesar US$27 juta, pengurangan cost fee dan alpha import pasca perubahan proses pengadaan minyak dan produk minyak senilai US$22 juta, serta optimalisasi aset penunjang senilai US$0,154 juta. Adapun, efisiensi yang diperoleh dari program marketing operation excellence mencapai US$46,89 juta. (Adi/Idr)

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual