Komponen Ini Wajib Dapat Pemeriksaan Saat Mobil Berusia 5 Tahun

Panduan Pembeli

Komponen Ini Wajib Dapat Pemeriksaan Saat Mobil Berusia 5 Tahun

JAKARTA – Mobil yang dirawat secara teratur tentu akan memiliki usia pakai lebih panjang ketimbang kendaraan dengan perawatan buruk.

Namun, bukan berarti kendaraan yang dirawat dengan baik tidak akan mengalami kerusakan. Ada beberapa komponen mobil yang tentunya harus tetap dilakukan penggantian, khususnya bila sudah mencapai usia 5 tahun.

Hal ini dikarenakan ada beberapa komponen yang memang hanya bisa digunakan maksimal selama 5 tahun saja. Untuk itu perlu pemeriksaan yang detail untuk kendaraan-kendaraan yang sudah mencapai usia tersebut.

Berikut ini beberapa komponen yang sebaiknya mendapatkan perhatian lebih ketika umur mobil sudah mencapai 5 tahun.

Periksa Kondisi Ban

Pada usia lima tahun, umumnya ban sudah mengalami kerusakan. Untuk itu perlu pemeriksaan lebih dalam, mulai dari melihat ketebalan ban pada indikator keausan alur telapak ban.

Segera ganti bila dirasa sudah terlalu tipis. Periksa juga apakah ada keretakan pada permukaan ban, bagian yang terpotong atau kerusakan lainnya untuk menghindari kecelakaan.

Meski dirasa masih baik, tidak ada salahnya untuk mengganti ban dengan yang baru. Hal ini karena usia pakai ban umumnya hanya sekira lima tahun. Lewat dari lima tahun maka kualitas ban akan berkurang dan berisiko rusak.

Periksa Kaki-kaki Mobil

Komponen Ini Wajib Dapat Pemeriksaan Saat Mobil Berusia 5 Tahun

Kaki-kaki mobil dengan usia diatas 5 tahun umumnya sudah mengalami penurunan kualitas, entah itu pada long tie rod, tie rod end, engine mounting, hingga shock absorder. Sebab, komponen tersebut harus menahan beban kendaraan dan berjibaku dengan kondisi jalan.

Tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan khusus untuk kaki-kaki agar kondisi kendaraan tetap optimal.

Perhatikan Aki dan Sistem Kelistrikan

Komponen lain yang harus mendapat perhatian adalah aki dan sistem kelistrikan. Ada kemungkinan aki sudah mengalami kerusakan, sehingga harus diganti.

Demikian juga kabel-kabel yang menghubungkannya, perhatikan apakah ada kerusakan atau tidak. Kerusakan yang ada pada kebel berisiko menyebabkan konsleting hingga terbakar.

Lampu Mobil

Lampu merupakan senjata andalan pengemudi untuk meningkatkan jarak pandang ketika berkendara di malam hari.

Seiring dengan usia maka perfoma lampu tentunya akan mengalami penurunan, sehingga bukan tidak mungkin harus dilakukan penggantian. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar