Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kia Carens Terkena Recall karena Isu pada Airbag

Berita Otomotif

Kia Carens Terkena Recall karena Isu pada Airbag

NEW DELHI – Kia Carens dilaporkan terkena recall akibat adanya potensi masalah pada airbag.

Recall (penarikan dan perbaikan gratis) tersebut terjadi di India yang memang menjadi salah satu basis produksi Carens. Belum ada informasi kebijakan yang sama di Indonesia, meski unit yang dijual di sini merupakan impor utuh (Completely Built Up/CBU) dari sana.

Model Carens yang terkena recall, seperti diberitakan Hindustan Times belum lama ini, mengaspal di 'Negeri Hindustan' pada Februari 2022.

Adapun peluncuran maupun penjualannya di Tanah Air baru terjadi pada Agustus kemarin, bersamaan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang.

Lebih lanjut, 44.174 unit Carens di India harus masuk bengkel untuk diperiksa dan mendapatkan perbaikan—jika diperlukan. Tidak dijelaskan secara rinci mengenai tanggal produksi dari seluruh unit tersebut.

Adapun isu yang memicu recall ialah adanya kemungkinan problem pada airbag.

“Kampanye recall sukarela digelar Kia India untuk menginspeksi potensi kerusakan peranti lunak Airbag Control Module (ACU) pada Kia Carens. Perusahaan akan mengambil langkah yang diperlukan demi meminimalisir ketidaknyamanan konsumen selama proses kampanye,” tulis pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut dalam pernyataan resmi.

Carens di ‘Negeri Hindustan’ terdiri dari opsi enam maupun tujuh penumpang. Pilihan dapur pacunya juga beragam yaitu 1.5-liter bensin, 1.4-liter turbo bensin, maupun 1.5-liter diesel.

Multi purpose vehicle (MPV) satu ini membukukan penjualan 5.233 unit pada September kemarin di India. Meski masuk deretan mobil Kia terlaris, volumenya masih kalah dari Kia Seltos, Kia Sonet, Kia Carnival.

Adapun total penjualan ‘adik’ Hyundai itu untuk seluruh model 25.857 unit.

Carens untuk pasar Indonesia, di sisi lain, berkapasitas tujuh penumpang. Opsi dapur pacu pesaing Toyota Kijang Innova itu hanya dua yaitu 1.5-liter bensin dan 1.4-liter turbo bensin.

Daftar fitur Carens antara lain adalah Wireless Charging, One Touch E-Tumble, 6 Airbag, Ambient Light with 64 Color Option, Sunroof with Tilt and Slide Mode, Type-C USB Port di semua baris, 8 Inch Head Unit Touch Screen with Apple CarPlay and Android Auto, Bose Audio System with 8 Speakers. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang