Kia: Kemungkinan Kami juga Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

Berita Otomotif

Kia: Kemungkinan Kami juga Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

JAKARTA – Kia tak hanya mengintip peluang meluncurkan dan menjual mobil-mobil bermesin konvensional di Indonesia, tapi juga mobil listrik.

Seperti juga banyak pabrikan otomotif global lain, model mobil listrik Kia makin banyak. Setelah memiliki Optima hybrid, Niro hybrid/plug-in hybrid, e-Niro, serta e-Soul, merek asal Korea Selatan ini beberapa waktu lalu juga merilis Seltos versi listrik.

Pasar otomotif Indonesia sendiri bakal memasuki era mobil listrik pada 2021. Pada tahun itu, 17 insentif fiskal maupun nonfiskal bagi kendaraan-kendaraan yang menyandang teknologi tersebut mulai berlaku sehingga harga jualnya bisa lebih ditekan, dengan harapan agar industrinya lambat laun terbentuk di dalam negeri.

Kia pun menyadari potensi ini. Mereka berminat ikut terjun di dalam segmen baru tersebut.

“Sementara ini, saya dapat informasi bahwa Seltos EV hanya untuk pasar China. Tapi, untuk mobil listrik lain, tidak menutup kemungkinan kami akan mencoba memperkenalkan model-model Kia yang sudah ada versi listriknya di luar negeri,” kata Ario Soerjo, Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha dalam diskusi virtual ‘Ngobral’ di Facebook Mobil123.com pada akhir Juni 2020.

Sayangnya, dia tidak memberi satu petunjuk pun soal model yang paling berpeluang dijual di Nusantara. Publik diminta menunggu lebih sabar.

“Untuk modelnya yang mana, mudah-mudahan nanti bisa kelihatan, deh, kalau sudah ada di sini,” ujar Ario.

Sekadar mengingatkan, Kia sempat ‘mati suri’ di Indonesia selama beberapa tahun saat masih dipegang oleh PT. Kia Mobil Indonesia. Penyebabnya adalah kesulitan keuangan yang mereka alami.

Indomobil Group kemudian mengambilalih keagenan Kia dan membentuk PT. Kreta Indo Artha. Merek ini mulai aktif lagi pada akhir 2019 dan merilis Seltos 1.4-l turbo pada Januari 2020 dengan paket fitur plus harga amat menarik untuk menemani Picanto, Rio, Grand Sedona, maupun K-27.

Kia masih berencana merilis model baru pada akhir Oktober mendatang, dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Beragam model SUV selain Seltos sudah masuk dalam perencanaan produk di negeri ini pada masa depan.

Ario mengaku Kia bisa melakukan produksi lokal di pabrik Indomobil Group atau saudara mereka Hyundai yang saat ini masih dibangun, jika skala ekonominya mencukupi. Pada 2020, mereka berniat mempunyai total 38 dealer dan rencana ini tidak berubah meski pandemi virus Corona menerpa. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar