Mobil123.com
Aplikasi Mobil123
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Kia akan Ikutan Gempur Indonesia dengan Model-Model SUV

Berita Otomotif

Kia akan Ikutan Gempur Indonesia dengan Model-Model SUV

JAKARTA – Kia juga mengintip segmen yang sedang naik daun saat ini di Indonesia, yaitu sport utility vehicle (SUV). Mereka masih punya produk-produk lainnya setelah Seltos.

Seltos, SUV lima penumpang bermesin bensin 1.4-liter turbo, meluncur pada Januari 2020. Model tersebut sejauh ini adalah satu-satunya SUV yang Kia jual di Indonesia, setelah sempat ‘mati suri’ selama beberapa tahun dan kembali berjualan mulai akhir 2019 di bawah Indomobil Group. Adapun model-model lainnya ialah city car Picanto, hatchback Rio, MPV Grand Sedona plus mobil niaga K-27.

Eksekutif Kia Indonesia membeberkan Seltos barulah permulaan. Akan ada SUV-SUV lain lagi di masa mendatang.

“Seltos itu ada di tengah-tengah. Nanti ada yang di atasnya, ada yang di bawahnya,” ucap Ario Soerjo selaku Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha dalam diskusi virtual bertajuk 'Ngobral' di Facebook Mobil123.com pada 24 Juni 2020.

Dahulu, saat masih dipegang agen pemegang merek lama yaitu PT. Kia Mobil Indonesia, mereka menjual dua SUV yakni Sportage plus Sorento. Sekarang keduanya 'menghilang'.

Padahal, produk SUV Kia di pasar global bukannya berkurang, tapi malah makin banyak. Ini karena Hyundai Group yang membawahi Hyundai dan Kia mengumumkan bahwa mulai 2019 kedua merek mobil tersebut akan melahirkan lebih banyak SUV baru, sebagai bentuk peralihan fokus mereka ke segmen tersebut.

Seltos, yang menjalani debut global tahun lalu, merupakan salah satu buktinya. Satu contoh lainnya adalah Telluride.

Arah pengembangan produk di lingkup global juga mempengaruhi perencanaan produk di Indonesia. Apalagi, SUV juga menjadi tren di negara ini.

“Kita lihat pasar Indonesia itu tetap arahnya MPV (multi purpose vehicle) dan crossover maupun SUV. Tren itu (crossover dan SUV) tak hanya di Indonesia, tapi hampir di seluruh dunia,” pungkas Ario.

Saat ini, semakin banyak merek yang menyasar SUV. Di Indonesia, merek-merek yang lebih fokus menyasar sektor itu ketimbang para kompetitor mereka antara lain adalah Mitsubishi dan dua pendatang baru yaitu Dongfeng Sokon (DFSK) serta Morris Garage (MG).

Suzuki baru-baru ini merilis pula SUV murah XL7 untuk menantang Toyota Rush – Daihatsu Terios. Merek China selain DFSK, Wuling, beberapa tahun belakangan memperluas pilihan tipe dari SUV mereka yaitu Almaz. Honda, yang mempunyai SUV BR-V, HR-V hingga CR-V juga patut disebut sebagai contoh.

SUV Kia Tujuh Penumpang
Tentu saja, kebanyakan informasi mengenai perencanaan produk Kia untuk pasar Nusantara masih disimpan rapat-rapat. Ario hanya memberikan sekelumit petunjuk soal salah satu calon SUV yang sudah mereka rencanakan masuk Indonesia.

“Nanti seven seater-nya (kapasitas tujuh penumpang) ada,” tandas dia.

Kia masih akan merilis satu model lagi setelah Seltos pada 2020, tepatnya di semester kedua. Identitas model tersebut masih dirahasiakan.

Kia berencana memperluas jaringan dealer menjadi 38 outlet pada 2020. Pandemi virus Corona, yang masuk Indonesia sejak Maret silam, tidak mengubah rencana ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar