Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Keuntungan Tune Up Mesin Mobil yang Wajib Diketahui

Panduan Pembeli

Keuntungan Tune Up Mesin Mobil yang Wajib Diketahui

Depok - Kinerja mesin pada mobil baru tentu masih optimal. Namun seiring pemakaian, lama-kelamaan kinerja mesin berangsur-angsur akan menurun dan pemakaian bahan bakar lebih boros. Tune up mesin mobil menjadi salah satu solusinya. 

Mesin merupakan bagian terpenting dari mobil, oleh karena itu butuh perhatian khusus supaya performanya tetap optimal, terkhusus bagi mobil yang sudah berumur. 

Salah satu tindakan yang bisa dilakukan pemilik mobil supaya kinerja mesin kendaraan kembali seperti semula yaitu dengan melakukan tune up.

Lung Lung pendiri Dokter Mobil mengatakan keuntungan tune up yaitu mengembalikan efisiensi bahan bakar dan mesin kembali lagi ke standar layaknya mobil baru.

Pembersihan komponen mesin (Foto: Santo)

"Sebenarnya yang namanya tune up membersihkan semua kerak-kerak yang ada di ruang bakar mesin," ungkap Lung Lung di Beji, Depok, Kamis (24/3/2022) 

Dia menambahkan, khusus di bengkel Dokter Mobil ada layanan yang namanya Tune Up Jet Clean. Di mana proses pengerjaannya dilakukan tanpa membongkar mesin. 

"Tune up jet clean di Dokter Mobil sendiri mulai dari pembersihan piston, valve dan intake, injector, throttle body, hingga catalytic converter. Satu set pembakaran itu kami bersihkan, sehingga yang namanya pembakaran itu balik lagi ke normal. Makanya mobil bisa berasa bertenaga dan lebih irit," jelasnya.

Tune up jet clean yang ditawarkan ke pelanggan terdiri dari dua tipe, yaitu performance dan ultimate. Masing-masing menawarkan keuntungan yang berbeda. 

"Yang membedakan adalah tune up ultimate dilakukan penambahan setting ECU untuk settingan yang mesinnya standar dapat dioptimalkan. Serta dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan pelanggan apabila mobilnya ingin tambah kencang atau irit BBM," kata Lung Lung. 

Kualitas pengerjaan dan layanan tune up jet clean di seluruh cabang Dokter Mobil sama semua, termasuk pemakaian alat dan cairan yang digunakan.

tune up jet clean (Foto: Santo)

"Dokter Mobil saat ini sudah terstandarisasi juga terdapat SOP yang berlaku untuk pengerjaan tune up jet clean, tuntas dari depan sampai belakang bagian mobil,” terang dia.

Penyebab Kinerja Mesin Menurun

Ada beberapa faktor penyebab kinerja mesin menjadi turun selain dari umur pemakaian mobil. Satu di antaranya karena adanya penumpukan kerak di mesin mobil. 

"Biasanya penurunan performa akibat kerak kotor dari bensin sama penguapan oli," tutur Lung Lung.

Oleh karena itu, dirinya menyarankan kepada pemilik mobil supaya menggunakan bahan bakar dan oli berkualitas tinggi untuk meminimalkan timbulnya kerak.

"Oli kalau pakai yang terlalu murah biasanya penguapannya tinggi. Penguapannya itu masuk ke intake dan kepala piston itu yang bikin dua itu cepat kotor," pungkas Lung Lung.

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Penulis: Santo Sirait



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Editor

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang