Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Keunggulan Pabrik Mitsubishi di Bekasi

Berita Otomotif

Keunggulan Pabrik Mitsubishi di Bekasi

BEKASI – Pabrik Mitsubishi yang berada di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat diklaim memiliki sejumlah keunggulan.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (PT MMKI) selaku manufaktur Mitsubishi di Indonesia mengatakan bahwa pabrik yang mereka operasikan mengusung ‘new plant concept’. Konsep tersebut mengutamakan dua poin utama yang harus dimiliki yaitu High Quality & Reliable Products dan Environmentally Friendly.

Pada fokus pertama yaitu High Quality and Reliable Products (produk berkualitas tinggi yang dapat diandalkan), PT MMKI berkomitmen untuk menghasilkan produk berkualitas dan didukung oleh pertalatan modern di setiap prosesnya.

Untuk proses stamping, MMKI menggunakan Full Automated Press Line (robot) sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi hingga 10 stroke per menit. Sementara pada proses welding, mereka menggunakan Flexible Robotic Line for Various Model yang memungkinkan dalam satu line terdapat beberapa model untuk mengerjakan proses welding.

Bagian painting pun tidak luput dari teknologi tinggi yang digunakan. MMKI telah menggunakan Robotic Spray Painting sehingga kualitasnya lebih baik dan efisien. Selain itu diproses ini juga MMKI menggunakan sistem terbaru sehingga sehingga lebih ramah lingkungan.

Sedangkan untuk proses assembling, Mitsubishi telah menggunakan sistem traceability (barcode). Sistem ini memungkinkan pekerja melakukan pencarian parts yang sudah terpasang di mobil sehingga lebih mudah diperiksa dan ditelusuri bila terjadi masalah. Kit supply system juga menjadi keunggulan diproses assembling. Sistem ini menuduking kualitas untuk menghindar kesalahan pemasangan part atau kelalaian dari line operator.

Environmentally Friendly Plant atau pabrik yang ramah lingkungan adalah fokus kedua PT MMKI. Untuk mencapai ini, MMKI melakukan penghematan air tanah dengan mendaur ulang air limbah dan menggunakan air hujan dalam proses produksi dengan proporsi air daur ulang mencapai 70%.

Selain itu, untuk mereduksi emisi karbondioksida melalui penghematan energi pada proses pengecatan dengan mengurangi proses oven dan Innovate Heat Pump Hot Water System, tanpa mengurangi kualitas produk.

Terakhir dalam taraf operasional dan konsep bangunan MMKI menganut “Omotenashi” ruang dengan kebijakan ramah lingkungan memaksimalkan penggunaan lampu LED dan juga cahaya matahari. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi emisi hingga 11%. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang