Kenalin Nih Konsep QJ Motor, Adik Tiri Harley-Davidson

Berita Otomotif

Kenalin Nih Konsep QJ Motor, Adik Tiri Harley-Davidson

JAKARTA – QJ Motor memamerkan gambar konsep yang digadang-gadang menjadi Harley-Davidson edisi mini.

Untuk diketahui, QJ Motor merupakan rekanan Harley-Davidson untuk memasarkan motor berkapasitas kecil di Asia. Keduanya sepakat bekerja sama untuk memproduksi motor yang efisien dan ingin merajai pasar Asia khususnya.

Pasar motor di segmen menengah ke bawah yang cukup seksi menjadi dasar kolaborasi Harley-Davidson dengan QJ Motor di China. Nantinya dari sanalah, motor-motor yang memiliki ruh Harley-Davidson namun buatan China berharga murah akan hadir menyapa calon konsumen di Asia.

Belum lama ini, QJ Motor memamerkan sketsa konsepnya yang diberi nama SRV. Motor ini disebut-sebut merupakan buah kolaborasi pertama antara Harley-Davidson dengan QJ Motor. Dari tampilannya, SRV mirip dengan Sportster yang legendaris.

SRV menggunakan tangki bahan bakar dengan bentuk yang sama persis dengan sportster hanya saja dimensinya terlihat lebih kecil. Terkesan wajar jika HD tidak ingin terlalu bereksplorasi dengan produk kolaborasi ini. Sementara China sendiri cukup piawai dalam menduplikasi tampilan produk yang mirip dengan aslinya.

Kabar mengenai motor bergaya sportster ini akan diproduksi masih belum terdengar. Nampaknya mereka akan cukup hati-hati dengan mencari waktu yang tepat untuk bisa memproduksinya secara masal.
Harley-Davidson QJ Motor
Bicara mesin, Harley mungil ini dikabarkan banyak pihak akan menggunakan mesin 350 cc V-Twin dengan dimensi yang lebih kecil dari biasanya tentunya. Motor jenis cruiser ini akan mencoba peruntungan di segmen yang telah dihuni oleh Royal Enfield dan banyak pabrikan asal Jepang maupun China.

Kabar mengenai motor Harley mungil ini kembali menguak setelah Presiden Donal Trump lengser. Karena sebelumnya Trump sempat bersitegang dengan HD soal produksi motor yang dilakukan di luar Amerika Serikat.

Konflik tersebut terus berkepanjangan dan kolaborasi HD dengan pabrikan motor China menghilang begitu saja. Setelah Trump dipastikan kalah pemilu, seluruh kerja sama produsen AS dengan China yang sempat terhenti kini seolah hidup kembali. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar