Harley-Davidson dan Indian akan Kedatangan Pesaing Baru

Berita Otomotif

Harley-Davidson dan Indian akan Kedatangan Pesaing Baru

JAKARTA – Manufaktur asal China yakni Zeths akan menghadirkan pesaing Harley-Davidson dan Indian dengan produk buatannya yang desainnya mirip-mirip.

Pabrikan motor yang telah hadir sejak 2013 ini sebenarnya pemain kelas motor kecil atau menengah ke bawah. Motor buatannya acapkali meniru desain produk-produk populer di dunia, seperti beberapa pabrikan asal China lakukan pada umumnya.

Produk unggulannya adalah motor jenis cruiser yang menggunakan mesin 250 cc V-Twin. Motor buatannya tersebut dikatakan cukup populer di Negeri Tirai Bambu.

Namun kali ini mereka tengah mengembangkan motor bermesin 1.000 cc V-Twin. Pihak Zeths mengatakan bahwa mereka merancang mesin hingga bagian dalamnya sendiri.

Meskipun tetap terdapat kesamaan ukuran pada sebagian besar komponennya, pihaknya sendiri juga menyatakan bahwa mereka terinspirasi dari Indian Scout yang juga memiliki mesin V-Twin.
Zeths Engine

Motor yang diberi nama ZT1000’s memiliki sudut kemiringan 60 derajat V-Twin, DOHC valvetrain dan mounting (pegangan) mesin yang serupa dengan Indian Scout. Lebih jauh, jeroannya juga serupa seperti bore, stroke, ratio compression.

Meskipun memiliki spesifikasi yang mirip-mirip, tenaga yang dihasilkan lebih besar dari produk asal negeri Paman Sam tersebut. ZT1000 disebutkan mampu menyemburkan daya maksimal 81 hp pada 8.000 rpm. Sementara torsi puncaknya 90 Nm pada 5.500 rpm.

Indian Scout yang bermesin sama hanya bisa menghasilkan daya maksimum di atas kertas 78 hp pada 7.200 rpm. Sedangkan torsi puncaknya 88 Nm pada 5.800 rpm.

Mengenai modelnya, Zeths dikatakan akan meluncurkan beberapa model meliputi Bobber, Chopper dan Tracker dengan mesin 1.000 cc V-Twin buatannya. Selain itu mereka juga mengembangkan mesin 1.200 cc untuk versi touring.
Zeths Motorcycle

Untuk dua model tersebut pertama, mereka menyatakan akan menggunakan rangka custom yang telah populer di Amerika. Sementara untuk model touring, mencomot rangka milik Harley-Davidson Road Glide.

Lalu untuk versi Tracker mereka mengadopsi rangka atau sasis milik Indian FTR. Maka jangan aneh jika melihat motor yang familiar namun mereknya asing di mata maupun pendengaran.

Manufaktur rumahan di China jumlahnya sangat banyak dan ada beberapa yang kreatif, namun ada juga yang hanya melakukan duplikasi seperti di atas. Jika mereka sukses dengan plagiatnya, maka barulah mereka menciptakan produk kreasinya sendiri. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar