Keluarga Korban Dapat Ganti Rugi Rp 538 Miliar

Berita Otomotif

Keluarga Korban Dapat Ganti Rugi Rp 538 Miliar

NEW YORK - Keluarga korban kecelakaan Jeep Grand Cherokee mendapat kompensasi hingga Rp 538,7 miliar karena anggota keluarganya diduga tewas akibat cacat pada mobil Amerika tersebut. 

Seperti diberitakan sebelumnya, induk Jeep, Fiat-Chrysler terkena denda hingga US$ 105 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun karena lalai menjaga kualitas produk mereka. Denda ini merupakan rekor denda tertinggi yang pernah diberikan pada perusahaan otomotif di Amerika Serikat.

Denda itu diberikan oleh badan keselamatan jalan raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Lembaga itu menilai Fiat-Chrysler diam ketika diketahui ada cacat terkait fitur keselamatan pada jutaan kendaraan.

Salah satu produk yang seharusnya sudah kena recall adalah Jeep Grand Cherokee. Berita terbaru, seorang hakim di Georgia, Amerika Serikat, Kevin Chason memerintahkan kalau keluarga orang bernama Remington Walden harus menerima US$ 30 juta untuk kematiannya dan US$ 10 juta untuk rasa sakit dan penderitaan.

Remington Walden sendiri tewas ketika Jeep Grand Cherokee 1999 yang dikendarainya menabrak dan terbakar.

Pihak Fiat-Chrysler mengatakan kalau keputusan itu tidak rasional dan bias. Namun hakim membantahnya dengan menyebut bukti yang diajukan terhadap kasus selama sidang hampir dua minggu di awal tahun ini sangat 'luar biasa.'

Walden tewas ketika Jeep yang dia naiki ditabrak dari belakang yang menyebabkan pecahnya tangki bahan bakar dan menciptakan api. Tangki bahan bakar pada Jeep memang ditempatkan di bagian belakang kendaraan, yang menurut penggugat, membuatnya rentan terhadap tabrakan dari belakang.

Masalah posisi tangki ini yang membuat kekhawatiran besar beberapa tahun belakangan. Badan keselamatan jalan raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) bahkan memprediksi ada 50 kematian akibat hal itu.

Tapi, pengacara Fiat-Chrysler mengatakan di persidangan bahwa api tidak menyebabkan kematian Walden dan menyalahkan pengemudi mobil lain. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual