Kaum Hawa Banyak Terbantu oleh Smart Panorama Parking Assist Daihatsu

Berita Otomotif

Kaum Hawa Banyak Terbantu oleh Smart Panorama Parking Assist Daihatsu

TOKYO - Daihatsu Motor Corporation (DMC) lakukan update pada fitur smart assist mereka salah satunya mempermudah melakukan parkir yang ternyata disukai pengemudi wanita.

DMC sendiri langsung menerapkan teknologi kembangannya pada varian terbaru dari Daihatsu Tanto. Mobil123.com sempat merasakan pengoperasian Smart Panorama Parking Assist di tempat uji sirkuit Fuji Speed Way, Jepang.

Kebetulan, instruktur yang memandu adalah wanita. Dan dalam penjelasannya, Ia mengatakan Smart Panorama Parking Assist membuatnya lebih nyaman dan mudah saat melakukan parkir di beragam kondisi.

"Jujur saja, saya merasa terbantu dengan adanya Smart Panorama Parking Assist. Meski mobilnya kompak, parkir cukup merepotkan, di Jepang ruang parkir juga tergolong sempit dan terbatas," jelas sang intruktur wanita.

Selanjutnya ia pun menunjukkan cara kerjanya. Dan caranya tidak suli karena pengemudi hanya perlu mengikuti instruksi yang mudah diterjemahkan.

"Smart Panorama Parking Assist masuk dalam kategori otonomus level 1. Ini mebuat kendaran bergerak sendiri, bisa bekerja berkat kombinasi kerja kamera, ECU dan sensor parking," jelas Priyo Wicaksono, Manager Product Planning PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Penggunaan User Friendly

Cara pengoperasiannya sangat mudah. Anda tinggal memposisikan mobil berhenti tepat di depan ruang parkir mobil (bingkai parkir). Jika sudah pas, tekan tombol Smart Panorama Parking Assist yang tepat berada di sebelah kiri setir.

kemudian akan muncul perintah selanjutnya pada layar display di tengah dasbor, ikuti seluruh petunjuk di dalamnya. Jika posisi sudah tepat pada bingkai parkir, posisikan transmisi pada D.

Mobil kemudian secara otomatis akan bergerak maju perlahan (5 km/jam), setir akan bergerak sendiri. Jika posisi sudah pas, akan terdengar bunyi panduan suara yang mengingatkan pengemudi untuk menginjak rem. Ingat, meski setir bergerak sendiri, pengemudi harus tetap waspada jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Setelah berhenti tuas transmisi ke posisi R sesuai dengan panduan suara. Setir kemudian akan bergerak otomatis dan pengemudi bisa melepas pedal rem. Mobil akan bergerak perlahan menuju posii parkir yang telah ditentukan.

Ingat, pastikan pengemudi tetap siaga untuk melakukan kendali setir. Paduan suara kemudian akan memerintah pengemudi untuk menginjak pedal rem. Dan jika sudah pas segera posisikan tuas transmisi ke posisi P.

Selain parkir mundur, pengemudi juga bisa menggunakannya untuk parkir paralel dengan instruksi yang sama. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar